Pertamina Cegah Kebakaran Tangki Tak Menjalar

Kebakaran Depo Plumpang
Sumber :
  • Fanny Octavianus

VIVAnews - PT Pertamina (Persero) terus melokalisasikan api di tangki 31 T-2 kilang Refinery Unit IV Cilacap yang meledak dan terbakar pada Sabtu 2 April 2011, pukul 04.55 WIB. Bersamaan dengan itu, proses pemadaman masih tetap berlangsung.

Menurut Vice President Corporate Communication Pertamina, M Harun, untuk memastikan keamanan selama proses pemadaman, Pertamina segera mengosongkan dan melapisi tangki yang terdekat dengan tangki yang terbakar tersebut. "Agar tidak merembet ke tiga tangki lainnya," ujarnya dalam keterangannya kepada VIVAnews.com di Jakarta, Sabtu.

Untuk itu, dia menambahkan, sampai saat ini kilang Refinery Unit IV Cilacap tetap beroperasi normal. "Pertamina memastikan suplai BBM (bahan bakar minyak) tidak terganggu," ujar Harun.

Harun juga menuturkan, atas kejadian ini, Pertamina sudah menginformasikan kepada pihak berwenang dan masyarakat sekitar serta memohon maaf atas kekurangnyamanan yang terjadi.

Masyarakat diminta untuk tidak panik. Karena penanganan atas kebakaran terus dilakukan Pertamina hingga pendinginan. "Kami targetkan, dua jam api sudah bisa padam," kata Harun.

Sementara itu, penyebab kebakaran dan kerugian atas kejadian itu belum bisa diinformasikan Pertamina. Masih dalam investigasi. (adi)