Tiga Topik Ekonomi KTT ASEAN

Gambar logo KTT ASEAN 2011 di Jakarta
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu

VIVAnews - Indonesia telah mengirimkan surat kepada menteri-menteri ekonomi ASEAN berisikan tiga topik utama masalah perekonomian ASEAN. Tiga topik ini merupakan salah satu topik utama yang akan dibahas pada pertemuan KTT ASEAN besok dan ditindaklanjuti kembali pada November mendatang.

Hal ini disampaikan oleh ketua delegasi Indonesia untuk pertemuan ASEAN Economic Minister (AEM), wakil menteri perdagangan, Mahendra Siregar, kepada para delegasi negara-negara ASEAN, Jumat, 6 Mei 2011.

"Tiga masalah tersebut adalah perkembangan ekonomi di kawasan, makro ekonomi, dan masalah agrikultur, terutama masalah ketahanan pangan,"

Tiga masalah ini, ujar Mahendra, akan dibahas dalam pertemuan KTT ASEAN 7-8 Mei besok dan pertemuan KTT ASEAN berikutnya di Bali, November mendatang.

Pertemuan AEM dihadiri oleh para menteri keuangan negara-negara ASEAN. Menteri keuangan KAmboja berhalangan hadir dan digantikan oleh duta besarnya untuk Indonesia.

Pertemuan ini untuk menindaklanjuti pertemuan 1st. ASEAN-European Union Summit yang berlangsung sehari sebelumnya. Pada pertemuan ini kembali dibahas upaya peningkatan kerja sama ASEAN dengan Uni Eropa, terutama pada lima bidang prioritas, yaitu agribisnis, infrastruktur, kesehatan, otomotif dan jasa-jasa.