Adhi Karya Garap Proyek Pertamina Rp1 Triliun

Pipa gas
Sumber :
  • AP Photo/Sergei Chuzavkov

VIVAnews - PT Adhi Karya Tbk meraih kontrak baru senilai total US$131,9 juta atau sekitar Rp1,13 triliun untuk pembangunan Central Processing Plant (CPP) Area Gundih. Proyek tersebut merupakan bagian dari pengembangan gas Jawa bagian timur.

"Ini adalah proyek engineering procurement constructions (EPC) bidang minyak dan gas," kata Sekretaris Perusahaan Adhi Karya, Kurnadi Gularso, dalam keterangan tertulis yang diterima VIVAnews.com di Jakarta, Senin, 9 Mei 2011.

Dalam pelaksanaan pekerjaan proyek itu, Adhi Karya membentuk konsorsium bekerja sama dengan PT Inti Karya Persada Tehnik (IKPT) dengan porsi 49:51.

Perolehan kontrak itu, dia melanjutkan, sesuai dengan surat penunjukan pemenang pengadaan pada 29 April 2011 dari Pertamina EP selaku pemilik proyek.

Lingkup pekerjaan proyek itu adalah Central Processing Plant yang berada di
Gundih, Blora, Jawa Tengah dan direncanakan selesai dalam waktu 24 bulan.

Diraihnya kontrak baru tersebut juga sekaligus menambah daftar jumlah proyek
yang sedang digarap BUMN konstruksi itu tahun ini. Proyek lainnya adalah pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) 2x7 megawatt (MW) Tembilahan senilai Rp277 miliar, PLTU 3x7 MW Sintang senilai Rp357 miliar, Road [Widening] Toll Road Kebun Jeruk-Tangerang Barat senilai Rp131 miliar, dan Menara The Convergence Indonesia senilai Rp185 miliar.

Diperolehnya proyek Gundih itu, menurut Kurnadi, sesuai dengan strategi perseroan dalam memasuki bidang baru bisnis EPC yaitu minyak dan gas yang juga mempunyai pasar menjanjikan.