Bagasi Besar, Bebek Baru Honda Tetap Lincah

Honda Supra X 125 Helm in
Sumber :
  • VIVAnews/Sandy Adam Mahaputra

VIVAnews - Kekhawatiran konsumen bahwa perluasan dimensi di bagian badan motor bebek terbaru Honda, Supra X 125 Helm In, mengganggu akselerasi,  akhirnya terjawab. Sebab, adanya bodi yang besar tidak membuat akselerasi motor yang dibanderol Rp15,6 juta ini menjadi berkurang ketika bermanuver di jalan raya.

Saat VIVAnews.com mencoba, motor generasi terbaru Supra X 125 ini cukup nyaman dan memiliki handling yang baik, meskipun bagian tangki bensin dan bagasinya cukup besar. Alhasil, beberapa tikungan pun mampu dilewati dengan mulus.

Bagasi Supra X 125 Helm In diklaim terbesar di kelas sepeda motor bebek (cub) di Indonesia, bahkan bisa mencaplok 1 helm full-face. Volume bagasi mencapai 19,5 liter. Menurut Honda, volume bagasi Supra X 125 Helm in lebih besar dari skutik Honda Spacy.

Revisi rangka yang dilakukan Honda, selain dapat menyajikan bagasi, menjadi salah satu penyebab konsumsi bahan bakar (bensin) lebih hemat, pula. Rangkanya lebih ringan 1,3 kg dari Honda Supra X 125 non-bagasi.

Penyempurnaan lainnya dilakukan bagian mesin, di mana tenaganya diklaim naik dari model non-bagasi menjadi 9,6 ps pada 7500 rpm dari 9,3 ps. Honda masih membenamkan mesin karburator 1-silinder 124,8 cc, SOHC, berpendingin udara.

Mesin ini didampingi transmisi 4-speed dengan sistem perpindahan rotari. Sebagai penghenti laju, Honda memasang rem cakram di depan dan belakang. Dari uji coba yang dilakukan, memang motor ini cukup nyaman dan lincah di kelas motor bebek high segment.

Tampang Supra X 125 Helm in tampil lebih modern dengan lampu utama ganda (lebih terang karena menggunakan lampu 25 watt x 2), desain ulang di bagian sayap samping, lampu belakang (LED) ganda, pijakan kaki belakang lebih ergonomis, serta pelindung knalpot yang terbuat dari chrome sehingga lebih elegan terlihat.

Menariknya, Honda juga memperkenalkan fitur kunci bagasi yang menjadi satu dengan kunci setir motor. Honda Supra X 125 Helm in sudah mengadopsi fitur automatic headlamp on (lampu sepeda motor menyala otomatis ketika mesin dihidupkan).

Honda juga berhasil menambah volume tangki bahan bakar minyak (BBM) menjadi 5,6 liter. Dengan tangki lebih besar ini Anda bisa menjelajah hingga 287 km. Konsumsi bensin 51,2 km/liter.

"Memang harga yang ditawarkan sama dengan Supra X 125 non bagasi. Karena dari segi biaya produksi penambahan fitur tidak mengalami peningkatan. Kami hanya mengoptimalkan ruang kosong menjadi bagasi yang luas serta tangki besin yang besar," kata Executive Vice President Director AHM, Johannes Loman, kepada VIVAnews.com di Jakarta, Rabu 14 September 2011.

Honda Supra X 125 Helm in dipasarkan dengan harga Rp15,6 juta (on the road Jakarta). Tersedia dalam 4 pilihan warna yaitu Legacy Green, Royal Blue, Luxurious Gray, dan Majestic Red.