Mencermati Harga-harga Ganjil di Pasar Modern

Peningkatan Keuntungan Carrefour
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

Vlog - Jika Anda berjalan-jalan ke pasar modern dan melihat berbagai macam produk yang dijual, seperti di supermarket, toserba, hypermart, departement store dan yang sejenisnya, maka seringkali kita melihat model harga dengan harga yang aneh.

Mengapa aneh? Karena harga yang ditawarkan oleh pasar modern menggunakan harga ganjil yang secara umum angka-angka tersebut sering kita abaikan. Misalnya, harga sebuah sabun mandi Rp2.999 atau harga sebuah sebuah ballpoint Rp1.995 dan sebagainya. Penetapan harga yang berakhiran ganjil seperti model di atas dalam dunia pemasaran diistilahkan dengan odd prices atau magic prices.

Dari berbagai sumber yang pernah saya baca, bahwa odd price pada awalnya digunakan oleh ritel di Amerika Serikat yang bertujuan untuk mengurangi ketidakjujuran para kasir. Di samping itu dengan odd prices diharapkan pembeli akan tertarik, kesan harga lebih murah menjadi daya tarik sendiri bagi si pembeli.