Pemerintah Jamin Penggunaan Diesel PLN

Sumber :

VIVAnews - Pemerintah menjamin penggunaan diesel bagi PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) saat mencukupi kebutuhan listrik di luar Jawa - Bali.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono meminta PLN secepatnya mencukupi kebutuhan listrik di daerah-daerah yang mengalami defisit listrik.

"Jika membangun pembangkit terlalu lama, bisa menggunakan diesel dulu," ujar dia, usai kunjungan ke PLN, Jalan Trunojoyo, Jakarta, Senin 9 Februari 2009. "Kalau menggunakan diesel butuh sewa, nanti didukung APBN."

Menurut Presiden Yudhoyono, pertumbuhan ekonomi yang sangat tinggi membuat kebutuhan llistrik semakin tinggi. Pun termasuk Jawa - Bali yang infrastruktur listriknya bagus. "Namun karena pertumbuhan ekonomi nasional tinggi, Jawa-Bali perlu pengembangan," ujar dia.

Presiden mengatakan, PLN telah mampu mengurangi tekanan defisit listrik di luar Jawa - Bali dari 30 sistem menjadi 16 sistem. "Saya dukung pengembangannya, sehingaa ada surplus listrik yang bisa digunakan sewaktu-waktu."

Karena itu, Presiden Yudhoyono juga meminta pemerintah daerah turut mengatasi kekurangan listrik di beberapa provinsi, agar percepatan pembangunan pembangkit cepat kelar.