BPUI Bakal Go Public

Sumber :

VIVAnews - Kementerian Negara Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengungkapkan manajemen Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (BPUI) memiliki keinginan mengubah status perusahaan menjadi perusahaan publik.

"Direksi sudah meminta dilakukan IPO (penawaran umum saham perdana/initial public offering) ke kementerian," ujar Deputi Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Bidang Perbankan dan Jasa Keuangan Parikesit Suprapto di kantornya, Senin, 9 Februari 2009.

Menurut Suprapto, kendati permintaan tersebut sudah disampaikan, rencana mengubah BPUI menjadi perusahaan publik tersebut tidak bisa dilaksanakan dalam waktu dekat.

Rencana go public baru bisa disetujui pemegang saham, jika kondisi perusahaan direstrukturisasi terlebih dahulu. Salah satunya adalah penyelesaian utang pokok BPUI kepada pemerintah senilai Rp 250 miliar.

Seperti diketahui, BPUI memiliki utang rekening dana investasi sebesar Rp 250 miliar. Utang yang diperoleh pada tahun 1997 itu, sekarang telah membengkak menjadi sekitar Rp 1,2 triliun karena adanya bunga.

"Cicilan bunga itu dibayar selama 20 tahun," tuturnya.