Karen dan Omar Jadi Bulan-bulanan Dewan

Sumber :

VIVAnews - Direktur Utama PT Pertamina Karen Agustiawan dan Wakil Direktur Utama Omar S Anwar menjadi bulan-bulanan anggota dewan dari Komisi VII. Karier Karen dinilai terlalu cepat, sehingga menimbulkan tanda tanya.

Anggota Komisi VII dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Effendi Simbolon mengatakan karier Karen di perusahaan minyak dan gas  pelat merah tersebut terlalu cepat.

"Itu bisa memicu kecemburuan orang-orang yang meniti karier dari  bawah," ujar dia dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Komisi VII DPR di Gedung MPR/ DPR, Jakarta, Selasa, 10 Februari 2009.

Menurut dia, dalam pemilihan orang nomor satu di Pertamina banyak  intervensi pemerintah dan berbau kepentingan kelompok-kelompok tertentu. Apalagi, lanjut dia, Karen dan Omar  bukan orang asli Pertamina sehingga diragukan bisa membawa Pertamina ke  arah kemajuan. "Kalian ini tidak memiliki gen Pertamina," tandas dia.

Sementara itu, Anggota Komisi VII DPR dari Fraksi Partai Amanat Nasional  (PAN) Tjatur Sapto Eddi menuturkan prioritas enam program yang didengungkan  Karen saat terpilih menjadi Dirut Pertamina merupakan program yang sudah pernah disampaikan pejabat-pejabat sebelumnya. "Saya minta bukti bahwa enam program prioritas itu dapat terlaksana dengan baik," kata Tjatur.

Tjatur menilai visi dan misi kedua pemimpin tersebut belum jelas.  Seharusnya, kata dia, sebagai perusahaan yang tengah mengejar menuju World  Class Company seharusnya perseroan memiliki komitmen untuk menjadi lead  operator di blok-blok strategis, disamping itu Pertamina juga harus  memiliki rencana pengembangan lapangan laut dalam.