Listrik 3 Kota Besar di Kaltim Terganggu

Petugas PLN tengah memperbaiki jaringan listrik di Gardu Induk Gandul, Jakarta.
Sumber :
  • PLN Jawa-Bali

VIVAnews - Gangguan listrik yang diduga terjadi di Sistem Mahakam telah menyebabkan tiga kota di Kalimantan Timur terkena pemadaman. Hingga kini petugas PT Perusahaan Listrik Negara setempat masih mencari tahu sumber kerusakan dari jaringan listrik Sistem Mahakam tersebut. 

Dari pantauan VIVAnews.com, Rabu, 22 Februari 2012, pemadaman terjadi sejak pukul 13.09 WITA. Hingga berita ini diturunkan, PLN belum berhasil menemukan penyebab lumpuhnya jaringan tersebut.

Petugas Humas PLN Wilayah Kaltim, Devi, menuturkan, listrik padam sekitar pukul 13.09 WITA. Itu tercatat dalam data pada sistem jaringan. Hingga sore ini, petugas PLN masih mencari lokasi kerusakan yang menyebabkan terganggunya jalur di sistem yang melayani tiga kota tersebut.

Sistem Mahakam merupakan jaringan yang melayani tiga kota besar di Kaltim yakni Samarinda, Balikpapan, dan Tenggarong. Bila terjadi kerusakan pada jaringan tersebut, distribusi listrik di tiga kota yang terlayani sistem itu juga akan terganggu.

Gangguan pada Sistem Mahakam sebetulnya pernah terjadi ketika kabel utama yang berada di Jalan Provinsi Samarinda-Balikpapan rusak. Gangguan terjadi hingga berjam-jam yang mengakibatkan pemadaman listrik. Namun, kala itu, petugas sudah mengetahui penyebab kerusakan.

Devi menuturkan, dirinya belum mendapatkan kepastian kapan jaringan akan kembali normal. Saat ini, petugas masih berusaha mendeteksi penyebab gangguan dan menormalkannya kembali. (art)