Stroke, Waldjinah 'Walang Kekek' Dilarikan ke RS

Penyanyi Keroncong Waldjinah menandatangani deklarasi Hari Penyiaran Nasional
Sumber :
  • Antara/ Akbar Nugroho Gumay

VIVAlife - Penyanyi keroncong kenamaan, Waldjinah, dirawat di Rumah Sakit Kasih Ibu, Solo. Pelantun lagu Walang Kekek tersebut dirawat intensif setelah  didiagnosa mengalami penyumbatan pembuluh darah di otaknya, yang dikhawatirkan mengarah pada gejala terserang stroke.

Ari Mulyono, putra keempat Waldijanah, menjelaskan ibunya sudah sakit sejak hari Selasa lalu. "Sejak Selasa, Ibu kalau buang air besar keluar darah. Saya bawa ke dokter tapi cuma berobat jalan, " kata dia kepada VIVAlife, Sabtu, 1 September 2012.

Kondisi kesehatan wanita kelahiran Solo 7 November 1945 itu kian memburuk. Ini keluhan yang sama ketika dia dirawat di rumah sakit beberapa tahun yang lalu karena terkena infeksi usus. Selain itu, saat itu juga ditemukan pembengkakan di bagian jantungnya.

"Ibu masuk rumah sakit Kamis. Ibu ada keluhan infeksi usus, perut panas, dan suhu tubuhnya juga panas, 39 derajat, dan tekanan darahnya juga tinggi, 170/100 " kata dia.

Dijelaskannya, kondisi Waldjinah kini memang lebih mengkhawatirkan dibandingkan saat dirawat beberapa tahun lalu. Sekarang, Waldjinah sempat beberapa kali hilang kesadaran dan sering bicara melantur. 

"Kemarin sama anak-anaknya juga nggak kenal," tuturnya, sedih.

Ari menjelaskan saat ini Waldjinah ditangani secara intensif oleh tiga dokter ahli penyakit dalam, internis, dan jantung. Sejak pagi tadi, hasil CT scan memperlihatkan terjadi penyumbatan pada pembuluh otaknya itu. Setelah itu, dokter kemudian memberinya obat khusus untuk mengatasi gejala stroke.

"Setelah diobati, baru satu jam yang lalu, kesadaran Ibu sudah mulai pulih, " katanya. (kd)