Trik Sederhana Agar Tidur Nyenyak

Membawa ponsel ketempat tidur
Sumber :
  • kucoba.com

VIVAlife - Susah tidur di malam hari bisa menyebabkan seseorang tidak dapat menikmati istirahat berkualitas. Bila berlangsung terus menerus, dapat berakibat fatal bagi kesehatan.

Jangan biarkan hal ini terjadi berlarut-larut. Perbaiki tidur Anda dengan menyimak trik-trik berikut ini.

Minum teh herbal: Konsumsi segelas teh herbal tanpa kafein yang dapat membantu merelaksasi tubuh dan pikiran Anda. Pilih teh yang memiliki kelebihan tersebut seperti chamomile, mint, atau valerian.

Baca buku: Luangkan sedikit waktu untuk membaca buku kesukaan anda, dimana hal ini dapat merelaksasikan diri anda dari hari yang sibuk.

Jauhkan handphone dan tablet: Lampu berwarna biru dari alat-alat elektronik dapat membuat pikiran Anda mengira hari sudah pagi. Oleh karena itu matikan dan jauhkan alat-alat elektronik yang dapat mengganggu tidur Anda. Kerjakan pekerjaan dan lain sebagainya setidaknya 30 menit sebelum tidur.

Konsumsi camilan sehat: Madu, kacang, dan semacamnya memiliki kesamaan, yaitu mengandung zat yang dapat membantu tidur anda.

Renggangkan tubuh: Perenggangan tubuh anda dapat mengurangi rasa sakit, namun juga dapat merelaksasikan tubuh anda untuk mencapai tidur yang nyenyak.

Meditasi: Jernihkan pikiran anda melalu meditasi agar dapat tidur nyenyak. Buku-buku mengenai meditasi untuk pemula banyak tersedia yang dapat membantu anda.

Hindari cahaya lampu:
sembunyikan cahaya lampu kamar, lampu dari benda-benda elektronik dan sebagainya agar membantu Anda lebih cepat terlelap dan tidak mengganggu tidur Anda.

Mandi air hangat: Hal ini akan membantu melemaskan otot-otot tubuh dan secara tidak langsung tubuh akan rileks dan membantu tidur lebih nyenyak.

Rutin berolahraga: gunakan energi Anda untuk berolahraga pada sore hari sehingga saat malam hari tubuh akan merasa lelah dan dapat cepat tertidur.

Yoga: Yoga juga merupakan salah satu bentuk meditasi sekaligus olahraga yang membantu merelaksasi tubuh.

Hentikan konsumsi kopi: Katein memberikan efek yang berbeda-beda pada setiap orang. Hindari dan sebisa mungkin hentikan konsumsi kopi karena dapat mempengaruhi jam tidur Anda.