VIDEO: Bukit Angker, Monumen Pemberontakan Lithuania

hill of crosses
Sumber :
  • amusingplanet.com
VIVAlife - Hill of Crosses atau Bukit Salib mungkin terdengar seperti judul film horor, tapi tempat ini benar-benar ada. Ya, Bukit Salib ini merupakan sebuah situs ziarah yang terletak sekitar 12 kilometer sebelah Utara kota Siauliai, Lithuania Utara.

Bukit kecil dengan ribuan salib ini mewakili pengabdian umat Kristen, yang juga sebagai monumen peringatan untuk identitas nasional Lithuania. Alasan awal menancapkan salib di atas bukit tidak diketahui secara pasti, namun diyakini bahwa salib pertama yang diletakkan disana adalah tanda pemberontakan Soviet pada 1831.  


Selama berabad-abad, tidak hanya salib biasa, tetapi juga salib raksasa, ukiran patriot Lithuania, patung Bunda Maria dan ribuan stupa dan rosario mini telah dibawa ke tempat ini oleh peziarah Katolik. Diperkirakan terdapat lebih dari 100.000 salib ada di atas bukit tersebut.

Situs ini pertama kali diberitakan pada awal abad ke-14. Sedikit menilik ke belakang, Soviet diceritakan pernah meratakan bukit tersebut sebanyak tiga kali. Mereka menggali parit di sekitar bukit untuk menghentikan orang-orang memasuki situs ini. Namun orang-orang terus berdatangan dan menaruh salib disana. 


Pada tahun 1991, ketika kemerdekaan Lithuania, Bukit Salib menjadi simbol nasional perjuangan kemerdekaan. Saat ini, jumlah salib terus menerus bertambah dan situs ini dikunjungi oleh ribuan pengunjung dan peziarah dari seluruh dunia.