Priyo Sarankan Dana Saksi Pemilu Dibatalkan

Priyo Budi Santoso
Sumber :
  • VIVAnews/Adri Irianto
VIVAnews - Wakil Ketua DPR RI, Priyo Budi Santoso menyarankan agar dana saksi untuk pemilu dibatalkan saja. Menurutnya, ada partai peserta politik yang setuju dan tidak terkait hal tersebut. Dan nantinya akan berimplikasi dan menjadi batu sandungan yang berakibat serius pada pemilu.

"Oleh karena melihat polemik yang sekarang ini, saya menganjurkan sebagai wakil ketua DPR yang membawahi pemerintahan dalam negeri, menganjurkan agar dana tersebut lebih baik dibatalkan, agar terjadi suasana kondusif yang baik," ujar Priyo, Jumat 31 Januari 2014.

Priyo menuturkan tujuan adanya dana saksi tersebut termasuk baik untuk meminimalisir kecurangan. Namun tanpa adanya dana tersebut, partai politik masih bisa mengumpulkan dana saksi melalui caleg mereka dengan cara urunan.

"Biasanya caleg itu bantingan urunan, caleg DPR sekian presentasinya lebih besar biasanya, caleg provinsi sekian dan caleg kabupaten kota sekian, dan dulu seperti itu. Kemudian jika dana saksi ada, ya caleg berterima kasih karena dana untuk saksi tidak tersedot, bisa dipakai untuk kampanye," imbuhnya.

Selain itu, Priyo berpendapat dana tersebut kurang etis jika melihat banyaknya bencana alam yang sedang melanda Indonesia. Menurutnya, akan lebih baik jika dana tersebut dipakai oleh negara untuk mengantisipasi serta menanggulangi bencana alam.

"Kalau dibanding dengan masalah sosial seperti itu ya sudah pasti dana itu dikembalikan ke negara dipergunakan mengatasi bencana alam, mengatasi sinabung, kesehatan dan banjir, ketimbang dipakai untuk saksi pemilu," tuturnya.