Dua Gol Dzeko Bawa Bosnia Tumbangkan Pantai Gading

Duel Bosnia-Herzegovina vs Pantai Gading
Sumber :
  • Scott Rovak-USA TODAY Sports
VIVAbola - Dua gol striker Manchester City, Edin Dzeko mengantarkan Bosnia-Herzegovina meraih kemenangan atas Pantai Gading, Jumat 30 Mei 2014 (Sabtu pagi WIB). Tim berjuluk Zlatni Ljiljani itu menang 2-1 dalam duel yang berlangsung di Edward Jones Dome, St Louis, Amerika Serikat.

Dzeko mencatatkan namanya di papan skor pada menit 17. Pemain 28 tahun ini kembali membobol gawang Pantai Gading yang dikawal Sylvain Gbohouo pada babak kedua, tepatnya pada menit 53. Gol ini lahir, setelah menerima umpan dari gelandang AS Roma, Miralem Pjanic.

Pelatih Pantai Gading, Sabri Lamouchi akhirnya memasukkan Didier Drogba menggantikan Lacina Traore pada menit 63. Pergantian ini berbuah manis karena Drogba sanggup menipiskan skor di masa
injury time
. Skor 2-1 untuk Bosnia bertahan hingga laga berakhir.


Di Piala Dunia nanti, Bosnia tergabung di grup D bersama Argentina, Iran, dan Nigeria. Sementara itu, Pantai Gading bersaing dengan Yunani, Kolombia, dan Jepang di grup C.


Chile Tumbangkan Mesir

Kemenangan juga diraih kontestan Piala Dunia lainnya, Chile. Sempat tertinggal dua gol, Chile akhirnya menaklukkan Mesir 3-2 dalam laga yang berlangsung di Estadio Nacional Julio Martínez Prádanos, Chile.


Striker Chelsea, Mohamed Salah membuka keunggulan Mesir pada menit 12. Gol Khaled Kamar pada menit 16 menggandakan keunggulan Mesir. Gol Marcelo Diaz pada menit 26 membuat kedudukan 2-1 untuk Mesir di babak pertama.


Striker Valencia, Eduardo Vargas menjadi pahlawan Chile lewat dua golnya di babak kedua. Pemain pinjaman dari Napoli ini mencetak dua gol pada menit 60 dan 78. Gol-gol tersebut lahir berkat assist dari penyerang Barcelona, Alexis Sanchez.


Kemenangan ini menjadi modal bagi Chile sebelum menghadapi persaingan ketat di grup B di Piala Dunia nanti. Mereka harus bersaing dengan Australia dan dua finalis Piala Dunia 2010, Spanyol dan Belanda.


Susunan Pemain
Bosnia-Herzegovina
: Asmir Begovic, Emir Spahi?, Toni Sunji?, Orgnjen Vranjes, Muhamed Besi?, Sead Kolasinac, Z. Misimovi?, Miralem Pjanic, Izet Hajrovic, Edin Viš?a, Edin Dzeko


Pantai Gading:
Sylvain Gbohouo, Constant Djakpa, Soeleymane Bamba, Jean Akpa Akpro, Didier Zokora, Cheikh Tioté, Ismael Diomandé, Mark Gradel, Giovanni-Guy Sio, Lacina Traoré, Matis Bolly. (asp)


Lihat berita menarik lainnya dengan