Besok, Juru Lobi Golkar-PDIP Bahas Koalisi

Sumber :

VIVAnews - Komunikasi intensif Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dan Golkar sudah terjalin. Namun koalisi belum diputuskan. Tim lobi kedua partai akan membahas kesepakatannya besok.

"Besok kami akan bekerja dengan tim enam Partai Golkar," kata Sekretaris Jenderal PDIP Pramono Anung, di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Minggu 26 April.

Masing-masing partai akan mengirim tim lobi yang terdiri dari enam orang. PDIP akan mengutus sejumlah tokoh pentinya seperti Taufik Kiemas, Pramono Anung, Tjahjo Kumolo, Sabam Sirait, Puan Maharani, dan Theo Syafi'i.

Kesepakatan koalisi kedua partai diperkirakan tak mudah. Masing-masing memiliki ketua umum yang diusung sebagai calon presiden. Saat ditanya, Pramono pun masih enggan membeberkan format koalisi yang akan ditawarkan kepada partai beringin itu.

Komunikasi intensif tak hanya dilakukan dengan Partai Golkar, PDIP juga melakukan penjajakan dengan sejumlah partai seperti PPP, Gerindra, dan Hanura. Hasil Rapat Pimpinan Nasional PDIP bahkan mencuatkan dukungan terhadap duet Mega dan Prabowo.

Gerilya yang sama juga dilakukan Partai Golkar setelah gagal membangun koalisi dengan Partai Demokrat. Tak hanya dengan PDIP, partai penguasa orde baru ini kembali menjajaki koalisi dengan sejumlah partai seperti Gerindra, PPP, dan Hanura.