Terpilih Jadi Dirut Pertamina, Ini Prioritas Dwi Sutjipto

Direktur Utama PT Pertamina (Persero), Dwi Sutjipto.
Sumber :
  • Semenindonesia.com

VIVAnews - Direktur Utama PT Semen Indonesia Tbk, Dwi Sutjipto, resmi terpilih sebagai Direktur Utama PT Pertamina (Persero) yang baru pada Jumat 28 November 2014. Dwi menggantikan Karen Agustiawan yang mengundurkan diri Oktober lalu.

Usai diumumkan oleh Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno, Dwi menyatakan, menerima amanah tersebut, mengingat besarnya harapan rakyat kepada Pertamina.

"Saya paham, betapa besar harapan rakyat kepada Pertamina. Tugas direksi untuk memenuhi harapan yang ada tersebut. Dalam waktu pendek, kami ingin menjadikan Pertamina sebagai ujung tombak visi dan misi Presiden Indonesia menjadi negara berdaulat energi," ujar Dwi.

Dia menuturkan, ada beberapa langkah yang akan dilakukan saat menjabat sebagai Dirut Pertamina. Pertama, melakukan efisiensi bisnis hulu dan hilir dari sektor minyak dan gas.

Selain itu, mengupayakan agar subsidi bahan bakar minyak bisa tepat sasaran. Cara khusus yang akan dilakukan, yakni dengan menggunakan pendekatan sistem dan teknologi untuk mencegah terjadinya kebocoran subsidi.

"Kami akan jalankan arahan Presiden Jokowi (Joko Widodo) untuk berbenah dari penyimpangan yang ada. Bahwa pengelolaan Pertamina harus transparan dan me-review titik yang menjadi sorotan masyarakat. Supplay chain lebih dikelola dengan baik," ungkapnya.

Dia yakin, jika Pertamina dikelola dengan benar-benar baik dan kerja keras, maka Pertamina akan muncul menjadi perusahaan pelat merah yang membanggakan. Untuk itu, dibutuhkan kerja sama yang baik dari seluruh pihak.


Baca juga:

(asp)