Harga Minyak Dunia Anjlok, BBM Akan Turun Terus?

Menigisi bahan bakar ke mobil.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mengungkapkan, jika harga minyak terus mengalami penurunan hingga tahun depan, keuntungan yang dihasilkan dari penjualan bahan bakar minyak (BBM) akan digunakan untuk meningkatkan cadangan minyak nasional.

Menteri ESDM, Sudirman Said di gedung DPR, Kamis 22 Januari 2015, mengatakan penyesuaian harga BBM masih akan terus dilakukan pemerintah pada tahun ini. Agar, masyarakat terbiasa dengan kebijakan tersebut.

"Timbul pemikiran, apakah kalau harga minyak dunia terus turun, kita akan turun terus? Kita perlu pertimbangkan cadangan, atau threshold harga terendah," ungkapnya.

Penurunan harga minyak ini merupakan momentum yang tepat bagi Indonesia untuk meningkatkan cadangan minyak. Mengingat saat ini cadangan yang dimiliki masih rendah.

"Keuntungan itu untuk bangun cadangan BBM yang sekarang tidak punya. Kita cuma bisa simpan 18-20 hari, padahal benchmark 60 hari," ujarnya.

Nantinya, harga BBM akan dipatok di harga terendah, sehingga masyarakat tidak dirugikan.

Dalam pembahasan Rancangan APBN-P 2015 dengan Badan Anggaran (Banggar) DPR, anggaran kementerian ESDM ditambah Rp5 triliun menjadi Rp10 triliun.

Peningkatan anggaran secara signifikan, menurut Sudirman, juga akan terjadi tahun depan, ketika pemerintah sudah mulai membangun infrastruktur penunjang penambahan cadangan minyak tersebut.

"Setelah perencanaannya kuat, kami akan mengajukan budget signifikan tahun depan," kata Sudirman. (asp)



Baca juga: