Dana IPO Merdeka Disalurkan ke Anak Perusahaan

Distribusi Kekayaan Dari Daerah Pertambangan
Sumber :
VIVA.co.id - Presiden Direktur Merdeka Copper Gold, Adi Adriansyah Sjoekri, mengatakan, proses bookbuilding
dan penawaran umum telah memberikan gambaran tinggi minat investor untuk ikut terlibat dalam berinvestasi di bisnis tambang Merdeka.

Pada masa penawaran awal pada 12 Mei sampai 28 Mei 2015, saham merdeka berhasil membukukan kelebihan permintaan harga saham IPO Merdeka yang berada di rentang Rp2.000 per lembar saham. Sedangkam proses penawaran umum berlangsung 11 sampai 15 Juni 2015.


Menurut dia, kepercayaan tinggi para investor tersebut juga menjadi bukti bahwa bisnis tambang emas dan tembaga yang dikelola perusahaan memiliki prospek yang baik.


"Proses
bookbuilding
dan penawaran umum berlangsung lancar dengan hasil yang positif. Kami akan berusaha untuk menjaga kepercayaan para investor," kata Adi dalam konferensi pers di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jum'at 19 Juni 2015.


Adi menambahkan, perseroan menetapkan jumlah saham yang akan dilepas dalam IPO sebanyak 419.650.000 lembar. Perseroan juga menerbitkan saham baru secara bertahap dalam rangka pelaksanaan konversi Mandatory Convertible Bond (MCB) dan opsi sejumlah 859.937.140 lembar.


Dengan demikian kepemilikan masyarakat setelah pelaksanaan penawaran umum, konversi MCB dan Opsi adalah 11,7 persen.


Dana bersih hasil IPO Merdeka akan digunakan seluruhnya oleh perusahaan untuk disalurkan ke anak perusahaan PT Bumi Suksesindo (BSI) yang sahamnya diakusisi 99,89 persen oleh Merdeka.


BSI sendiri memperkirakan kebutuhan dana mencapai US$126,2 juta untuk menyelesaikan konstruksi infrastruktur pertambangan dan fasilitas pengolahan yang akan berlangsung dalam waktu 20 tahun sejak IPO.