Puluhan Bus Siap Antar Pemudik yang Batal Terbang ke Bali

Ilustrasi/Bus angkutan umum
Sumber :
  • ANTARA/Fikri Yusuf

VIVA.co.id - Bandara Ngurah Rai, Denpasar Bali, yang ditutup kembali akibat dampak abu vulkanik erupsi Gunung Raung membuat banyak calon penumpang pesawat tujuan Yogyakarta-Denpasar batal terbang.

Untuk melayani calon penumpang yang terkena pembatalan dan akan beralih menggunakan angkutan darat, khususnya bus, pihak Organda Yogyakarta telah menyiapkan bus cadangan untuk mengantarkan calon pemudik menuju Pulau Bali.

"Calon penumpang pesawat yang batal terbang ke Denpasar dan berangkat berombongan menggunakan bus, maka Organda DIY siap memfasilitasi. Bisa langsung menghubung saya di 08111281278 selama 24 jam," kata Ketua DPD Organda DIY, Agus Adrianto, Minggu, 12 Juli 2015.

"Penerbangan dari Yogya-Denpasar jumlahnya terbatas. Paling hanya delapan penerbangan sehari, dan itu dapat dilayani dengan 20 unit bus pariwisata yang ada di Yogya ini," tambahnya.

Agus menjelaskan, dari sekitar 746 unit bus Organda Yogyakarta yang tersedia untuk mudik Lebaran, sebanyak 80 persen sudah berangkat ke Jakarta dan sekitarnya, untuk mengangkut mudik bersama tujuan Jawa Tengah dan Yogyakarta.

"Hari ini saja ada memberangkatkan mudik gratis dari BRI dan satu perusahaan nasional di Jakarta, dan Sabtu sore kemarin memberangkatkan mudik gratis dari Yamaha," ungkapnya.