Pertamina Jamin Stok BBM Aman Selama Libur Lebaran

Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id -  Memasuki H-1 Lebaran, PT Pertamina (Persero) mengklaim pasokan bahan bakar minyak (BBM) aman untuk mencukupi kebutuhan mudik. "Stok sangat aman," kata Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, ketika dihubungi VIVA.co.id di Jakarta, Kamis 16 Juli 2015.

Menurut dia, per hari ini, posisi stok premium sebanyak 18,7 hari dan solar 23,8 hari. Begitu pula dengan pertamax yang stoknya sebanyak 28,31 hari, pertamax plus 37,83 hari, dan pertamax dex 79,43 hari.

Seperti yang diketahui, Pertamina telah mempersiapkan diri selama Ramadhan dan Lebaran. Perusahaan pelat merah itu meningkatkan pasokan BBM-nya, melakukan lawan arus (contra flow) untuk pengiriman stok BBM.

Hal ini bertujuan agar mobil tangki tak terjebak macet pada arus mudik dan arus balik. Mobil-mobil kantong BBM (flying stock) pun ditaruh di dekat SPBU-SPBU.

"Ketika stok BBM turun, mobil ini langsung jalan," kata Ahmad di Terminal BBM Plumpang, Jakarta, beberapa minggu lalu.

Selain itu, Pertamina juga menyediakan BBM khusus berupa pertamax dan pertamax plus dalam bentuk kaleng. Hal ini bertujuan agar pemudik tak kerepotan ketika bahan bakar kendaraan habis di tengah jalan. Perusahaan pelat merah ini pun juga menyediakan area istirahat (rest area).

(ren)