Bandara Abdulrachman Masih Ditutup,10 Penerbangan Dibatalkan

Gunung Raung
Sumber :
  • ANTARA/Zabur Karuru

VIVA.co.id - Sejak ditutup sepanjang Kamis siang 16 Juli 2015, Bandara Abdulrachman Saleh Malang kembali ditutup sepanjang Jumat 17 Juli 2015. Akibatnya 10 penerbangan dari sejumlah maskapai yang berangkat dari Malang dibatalkan. Penutupan bandara disebabkan dampak erupsi Gunung Raung.

"Hari ini bandara masih ditutup, sejak Kamis siang kemarin," kata Suharno, Kepala Unit Pelaksana Teknis Bandara Abdulrachman Saleh Jumat 17 Juli 2015.

Akibat penutupan bandara pada hari ini, sepuluh penerbangan yang berlangsung pada hari ini dibatalkan. Menurut Suharno, delapan dari sepuluh penerbangan yang dijadwalkan terbang pada hari ini adalah penerbangan ekstra flight imbas dari penutupan bandara sejak Kamis siang 16 Juli 2015.

“Semua penerbangan tidak terbang. Zero pesawat yang terbang hari ini,” katanya.

Suharno menjelaskan penutupan bandara ini lantaran dampak abu vulkanik Gunung Raung masih terasa di Malang. Kondisi ini berbeda dengan Bandara Juanda yang sudah dibuka sejak Jumat pagi tadi. 

Suharno berharap bandara bisa kembali dibuka pada Sabtu esok, “semoga bandara sudah normal kembali besok,” harapnya.

Bandara Abdulrachman Saleh menyediakan penerbangan dari sejumlah maskapai antara lain Garuda Indonesia, Citilink, Wings Air, Sriwijaya Air dan Batik Air. Sejak 15 hari lalu hingga Kamis 16 Juli kemarin, jumlah penumpang yang datang dan berangkat dari Bandara Abdulrachman Saleh Malang mencapai 28.539 orang.