Di Negara Ini Pengamen Harus Sarjana

Ilustrasi pengamen atau musisi jalanan
Sumber :
  • iStock

VIVA.co.id - Bagi Anda penikmat dan pecinta musik, kota ini wajib masuk dalam daftar wisata. Alasannya, karena hampir seluruh penduduknya berprofesi sebagai musisi. Dimanakah itu?

Plovdiv, kota terbesar kedua di Bulgaria, lebih dari 341 ribu penduduknya bekerja sebagai musisi. Uniknya, mereka tidak segan untuk bermusik di pusat kota untuk menghibur pengunjung yang sedang berwisata ke sana.

Namun saat ini, ada peraturan baru bagi para musisi. Dilansir dari Clapway, menurut penyiaran publik nasional setempat, mereka yang ingin bermain musik untuk wisatawan harus memiliki ijazah pendidikan musik.

Hal ini dikarenakan fakta bahwa Plovdiv telah dipilih sebagai Ibu Kota Kebudayaan Eropa untuk 2019. Plovdiv ditunjuk sebagai Ibu Kota Kebudayaan Eropa setelah mengalahkan tiga pesaing lainnya.

Dewan Kota Plovdiv ingin kotanya menjadi pusat musik jalanan berkualitas. Oleh karena itu, mereka mengadakan audisi di hadapan panel hakim sebelum mereka mendapatkan lisensi untuk bermain di tempat umum.

Dewan kota kini telah memisahkan Plovdiv menjadi tiga zona khusus, yakni jalan pusat perbelanjaan, Old Town, terbuka hanya untuk musisi yang dianggap memenuhi syarat.

Zona kedua diperuntukkan bagi mereka yang tidak memiliki ijazah pendidikan musik, tetapi mereka harus sebelumnya bermain di acara-acara musik atau dimasukkan dalam semacam kompetisi. (ase)