Besok, Lapan Perkenalkan Logo Baru

Gedung Lapan
Sumber :
  • geolocation.ws

VIVA.co.id - Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) akan memasuki babak baru dengan mengumumkan logo terbaru instansinya. Direncanakan, peluncuran logo baru tersebut akan diselenggarakan esok hari.

Melalui keterangan tertulisnya, Rabu, 5 Agustus 2015, keputusan untuk mengumumkan logo anyar pada esok hari, bukan tanpa alasan. Menurut lembaga satu-satunya yang mengurusi penerbangan dan antariksa di Indonesia, tanggal 6 Agustus merupakan hari bersejarah bagi Lapan.

"Pemilihan waktu pada 6 Agustus bukan tanpa alasan. Pasalnya 6 Agustus 2013 merupakan lahirnya Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2013 tentang Keantariksaan," ujar Kepala Bagian Humas Lapan, Jasyanto.

Namun disayangkan, Lapan masih merahasiakan logo terbaru tersebut untuk dipublikasikan. Menurut Jasyanto, lambang itu baru bisa diketahui setelah acara perkenalan besok harinya.

Meski demikian, Lapan tetap memberikan ciri-ciri logo anyarnya itu. Disampaikan Jasyanto, logo baru Lapan berbentuk wahana antariksa yang sedang meluncur ke arah kanan atas dengan tulisan LAPAN di bagian bawah wahana antariksa.

"Wahana antariksa tersebut digambarkan dengan empat bentuk eliptik dengan empat ukuran berbeda. Secara filosofis, wahana antariksa yang sedang meluncur melambangkan lembaga keantariksaan yang bertekad mencapai cita-cita tinggi menuju Indonesia yang maju dan mandiri," tutur dia.

Sementara itu, terdapat empat bentuk eliptik sekaligus melambangkan empat kompetensi Lapan, yaitu Sains Antariksa dan Sains Atmosfer, Teknologi Penerbangan dan Antariksa, Penginderaan Jauh, dan Kajian Kebijakan Penerbangan dan Antariksa.

Sedangkan dari warnanya sendiri, Lapan masih mempertahankan warna terdahulunya, yakni biru langit. Sebab, warna itu sebagai tanda kalau instansinya berperan menjadi lembaga keantariksaan. Serta warna kuning api sebagai lambang semangat pendorong kemajuan dan kemandirian.

Logo Hasil Sayembara

Diketahui, logo baru Lapan tersebut melibatkan partisipasi publik melalui sayembara yang sudah digelar beberapa waktu yang lalu.
Selain itu, Jasyanto mengungkapkan, Lapan ingin melibatkan publik dalam mencapai cita-cita Indonesia yang maju dan mandiri di bidang penerbangan dan antariksa.

Pada sayembara logo baru lembaga pemerintah nonkementerian itu, setidaknya diikuti oleh 2.079 peserta dengan total karya logo Lapan yang diterima sebanyak 640 desain.

Untuk menentukan pemenangannya, Lapan melibatkan tim juri yang berasal dari para pakar di berbagai bidang serta perwakilan Lapan, kemudian memilih 23 peserta untuk mempresentasikan karya desain logo mereka.

Hasil seleksi akhir menetapkan satu karya sebagai pemenang utama dan 10 lainnya sebagai pemenang nominasi. Sebagai bentuk apresiasi, Lapan memberi imbalan hadiah atas ide dan proses kreatif mereka.

"Pemenang utama ialah Agung Setiawan yang berasal dari Bandung. Karya desainnya mewakili visi dan misi LAPAN untuk menjadi pusat unggulan penelitian dan pengembangan di bidang penerbangan dan antariksa di Indonesia," tutur Jasyanto.

Bersamaan dengan peluncuran logo anyar, badan antariksa nasional ini juga direncanakan akan memperkenalkan Lagu Mars Lapan. Lirik dari lagu tersebut menggambarkan semangat Lapan untuk terus membangun kemandirian dan menyatukan bangsa Indonesia dengan menguasai iptek penerbangan dan antariksa, serta membuktikan bahwa Lapan mampu bersaing di kancah dunia. (ase)