Ketua DPR Berbela Sungkawa Atas Tragedi Mina

Pimpinan DPR Naik Haji
Sumber :
  • Twitter @fadlizon
VIVA.co.id - Ketua DPR RI Setya Novanto menyampaikan rasa duka yang mendalam atas meninggalnya ratusan jemaah haji yang tiga diantaranya berasal dari Indonesia, dalam insiden di Mina saat hendak melakukan jumroh.

"Semoga Allah SWT mengampuni seluruh dosa-dosa dan menerima amal ibadah para jemaah haji khususnya jemaah haji asal Indonesia yang menjadi syuhada, agar mendapatkan tempat yang layak di sisi Allah SWT,” ujar Novanto yang saat ini juga berada di tanah suci, Jum’at 25 September 2015.

Ia pun bersama wakilnya, Fadli Zon dan ketua Fraksi PKS Jazuli Jauli, langsung mendatangi lokasi insiden dan beberapa rumah sakit untuk melihat situasi jemaah haji asal Indonesia yang dikabarkan dirawat disana akibat luka-luka.


"Di rumah sakit emergency, saya bertemu dengan salah satu jemaah haji asal Indonesia bernama Ati Royati, Kloter 61 Banjar, yang terluka pada bagian kaki karena terinjak-injak oleh ratusan jemaah haji lainnya saat insiden Mina terjadi,” ujar Novanto.


Selain menemui pasien yang menjadi korban insiden Mina, Novanto mengatakan bahwa terdapat beberapa jemaah Indonesia yang juga dirawat karena menderita dehidrasi dan diare saat mengikuti rangkaian ibadah haji.


Terakhir, Novanto mengungkapkan bahwa pemerintah Arab Saudi harus benar-benar serius menangani insiden ini, dan mencari penyebab serta solusi agar insiden Mina tidak akan terulang lagi di kemudian hari.


Ketiga jemaah haji Indonesia yang meninggal dalam insiden ini adalah Hamid Atwitarji Kloter Surabaya, Syaisiyah Syahril Abdul Gafar Kloter Batam dan 1 orang jemaah lagi yang belum diketahui identitas lengkapnya.