Ini Alasan Pertamina Tak Turunkan Harga Premium

SPBU
Sumber :
VIVA.co.id - PT Pertamina menyatakan perseroan belum akan melakukan penurunan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Sebab, saat ini harga BBM dengan jenis premium masih berada di bawah harga keekonomian.

Direktur Utama Pertamina, Dwi Soetjipto, Senin 28 September 2015, mengatakan pihaknya belum akan mengeluarkan kebijakan untuk menurunkan harga BBM subsidi dalam waktu dekat. 

"Dalam posisi sekarang, penjualan Pertamina untuk premium masih mengalami minus sekitar dua persen dari nilai keekonomian. Artinya, posisi premium, kami masih dua persen minus dari nilai keekonomian sesuai dengan formula yang disepakati," ujar Dwi, di Kompleks Kementerian ESDM.

Sementara itu, dia menuturkan, untuk perubahan harga BBM subsidi yang akan ditetapkan setiap enam bulan sekali, masih dalam pembahasan lebih lanjut dengan pemerintah. 

"Tadi seperti saya bilang, kami kan produksi macam-macam BBM dan itu biasanya kami melakukan cost subsidi di dalam terhadap produk-produk kami. Tentu saja, kami akan diskusi dengan pemerintah mengenai masalah harga," paparnya. (asp)