Maybank Indonesia Siap Bantu Proyek Pemerintah

Sejumlah pekerja saat menyelesaikan proyek infrastruktur. (Ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA/Septianda Perdana
VIVA.co.id - PT Bank Maybank Indonesia Tbk mengaku siap jika diajak berkolaborasi membantu pembiayaan proyek infrastruktur yang tengah digenjot pemerintahan Presiden Joko Widodo.

Presiden Direktur Bank Maybank Indonesia, Taswin Zakaria, Selasa 6 Oktober 2015, mengatakan pihaknya akan mendukung melalui induk perusahaannya, dengan memberikan pinjaman sampai penerbitan surat utang (bond). Namun, dia enggan membeberkan besaran dana yang siap dikucurkan.

"Pastinya akan ada kolaborasi dengan bank lain ke depannya. Bukan hanya dengan bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Tetapi, saya masih belum mempunyai angkanya berapa untuk proyek infrastruktur," ujar Taswin, saat ditemui di Hotel Grand Hyatt, Jakarta Pusat.

Meski belum tergabung secara langsung dalam proyek pemerintah, Taswin mengakui, pihaknya mendukung pembiayaan proyek di sektor lain, salah satunya adalah pembangunan smelter di industri pertambangan.

"Kami sudah ada pembiayaan smelter. Kemudian, ada juga pembiayaan airport, ketenagalistrikan, dan transportasi. Ini untuk meningkatkan daya beli masyarakat," kata dia.

Sebelumnya, tiga bank BUMN telah menyatakan komitmennya untuk mendukung program pembangunan infrastruktur pemerintah. 

Ada pun ketiga bank perusahaan pelat merah tersebut adalah PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk, dan PT Bank Negara Indonesia Tbk. (asp)