Kebakaran Hutan, Pengusaha Perkebunan Sawit Diminta Tabah

Pekerja menurunkan tandan buah segar kelapa sawit dari perahu
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro A

VIVA.co.id - Asap tebal akibat kebakaran hutan di beberapa daerah di Indonesia belum juga bisa teratasi dengan tuntas hingga saat ini. Meskipun pemerintah mengklaim sudah melakukan upaya semaksimal mungkin, bahkan bantuan dari dunia internasional juga sudah datang.

Seiring dengan hal tersebut, perusahaan perkebunan kelapa sawit pun juga terus disoroti saat ini. Sebab, sebagian besar area hutan yang terbakar berada di sekitar perkebunan kelapa sawit. 

"Memang dengan adanya asap kabut kebakaran, (perkebunan sawit) memang disorot," kata Menteri Perdagangan, Thomas Trikasih Lembong, dalam acara "Palm Oil as An Indonesia Export Prime Mover" di Jakarta, Selasa 20 Oktober 2015.

Thomas meminta agar perusahaan sawit bersabar dengan musibah kabut asap akibat kebakaran hutan. Dia pun optimistis masalah kabut asap segera berakhir.

"Mari kita tabah saja. Semua akan berlalu," kata dia.

Dia berjanji akan terus mempromosikan produk-produk hasil dari kelapa sawit. Karena menurutnya, produk turunan komoditas tersebut memiliki potensi pasar yang lebih besar ketimbang komoditas sejenis lainnya. 

"Kami menekankan saja terus aspek positif sawit. Ya, memang faktanya jauh ramah lingkungan daripada minyak kedelai dan (minyak nabati) yang lain," kata dia. (one)