Beli Saham Freeport, Antam Gunakan Dana Rights Issue

Investor Summit 2011
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - PT Aneka Tambang Tbk (Antam) telah diminta oleh Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membeli 10,64 persen saham divestasi PT Freeport Indonesia.

Untuk pendanaan, Antam menyatakan akan memanfaatkan dana right issue perusahaan sebesar Rp3,5 triliun. "Kita dapat right issue kemarin Rp3,5 triliun, sisanya ada uang, itu bisa kita investasikan (untuk beli saham Freeport)," kata Direktur Utama Antam Tedy Badrujaman di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu, 11 November 2015.

Selain itu, pendanaan untuk divestasi saham Freeport juga bisa diambil melalui institusi keuangan, private equity, dan penerbitan obligasi global. Namun masih dalam proses evaluasi oleh financial enginering.

Teddy mengaku, perseroan juga saat ini sedang melakukan penjajakan dengan pihak ketiga untuk bersama-sama menyerap saham divestasi Freeport, selain bersama dengan PT Inalum Tbk.

"Jadi sedang berdua dulu dengan Inalum. Sekarang kita sedang evaluasi partner ketiga yang akan masuk. Sudah ada lima investor," ujarnya menambahkan.

Sebagai perusahaan tambang tertua, Antam juga memiliki kesamaan fokus usaha dengan perusahaan asal Amerika Serikat tersebut, sehingga dianggap tepat untuk menyerap divestasi Freeport.

"Antam itu tambang emas tertua di Indonesia. Jadi dari segi pendanaan, Antam cocok dan sejenis dengan Freeport, dan ini perusahana BUMN yang ada untuk bidang mineral."

(mus)