Pengembang Jebolan Telkomsel Turun Pulang Kampung

Finalis NextDev 2015 Telkomsel
Sumber :
  • Telkomsel

VIVA.co.id – Telkomsel kembali meneruskan program karya pengembang dalam negeri, NextDev. Setelah tahun lalu mendapatkan 20 finalis karya aplikasi digital yang berkontribusi positif untuk masyarakat, program NextDev di awal tahun ini kembali dengan tajuk ‘NextDev Pulang Kampung’.

Pada rangkaian acara ini, 20 finalis NextDev akan pulang kampung ke 10 kota asal mereka masing-masing, yaitu Jakarta, Bandung, Surabaya, Yogyakarta, Semarang, Denpasar, Malang, Pontianak, Makassar, dan Gorontalo.

Dalam keterangan tertulisnya, Selasa 26 Januari 2016, Vice President Corporate Communications Telkomsel, Adita Irawati mengatakan, NextDev Pulang Kampung merupakan upaya Telkomsel untuk membangun ekosistem digital yang berkelanjutan yang mana salah satunya melalui pengenalan kewirausahaan di bidang digital.

“Kegiatan ini diharapkan dapat menginspirasi para calon developer muda Indonesia di berbagai daerah, serta menjembatani kolaborasi antara duta NextDev dengan pemerintah kota setempat dalam mencari solusi yang tepat untuk kota tersebut,” ujar Dita.

NextDev Pulang Kampung berlangsung selama dua hari di masing-masing kota. Dalam program ini duta NextDev, akan berbagi pengalaman, bersosialiasi ide dan hasil karya mereka kepada masyarakat luas. Selain itu ada pula seminar ‘Smart City for Smart Generation’ dengan topik seperti e-Tourism, e-Government, e-Education, e-Transportation dan e-SME.

Pada hari kedua, bakal diadakan workshop dan simulasi untuk para calon developer maupun developer lokal, dengan topik lengkap dan menyeluruh seputar kewirausahaan digital.

Program ini akan dimulai pada 3 Februari 2016, dengan Pontianak sebagai kota pertama yang dikunjungi oleh para pemenang serta finalis The NextDev 2015 dari kota yang bersangkutan.

Program The NextDev 2015 yang bertemakan Smart City dimulai dengan rangkaian roadshow. Program ini telah menjaring lebih dari 400 aplikasi solusi perkotaan dari berbagai kota di Indonesia. Tiga aplikasi, yaitu Rumah Sinau, Gandeng Tangan, dan Jejakku terpilih menjadi tiga aplikasi Smart City terbaik.

Pada Desember 2015, ketiga tim pemenang The NextDev 2015 berkesempatan untuk studi banding ke Korea Selatan bersama Telkomsel dan mengunjungi beberapa perusahaan teknologi yang bergerak di bidang ICT, elektronik serta Smart City seperti Samsung D’light, Microsoft Korea, Incheon Free Economic Zone (IFEZ) dan Compact Smart City.

Di lokasi-lokasi tersebut, mereka mendapat berbagai ilmu dan melihat secara langsung bagaimana ide teknologi menjadi kenyataan. (asp)