SBY Dibela Perempuan, Mega Disukai Laki-laki

Sumber :

VIVAnews - Calon presiden incumbent Susilo Bambang Yudhoyono terbukti lebih disukai perempuan daripada laki-laki. Sebaliknya, calon presiden Megawati Soekarnoputri lebih banyak didukung laki-laki daripada perempuan.

Data itu terungkap melalui survei exit poll Lembaga Survei Indonesia. SBY-Boediono mendapat dukungan tertinggi baik dari pemilih laki-laki (55 persen) maupun perempuan (66 persen). Mega-Prabowo mendapat dukungan 31 persen dari pemilih laki-laki dan 22 persen pemilih perempuan. Sedangkan JK-Wiranto mendapat 13 persen dukungan
pemilih laki-laki dan 12 persen pemilih perempuan.

Direktur LSI Saiful Mujani menilai data tersebut menunjukkan adanya makna elektoral terhadap keunggulan SBY-Boediono dibandingkan dua kandidat lainnya. "Secara teoritis pemilih perempuan memang lebih loyal ketimbang yang laki-laki. Tak mudah menyuruh pemilih perempuan untuk pindah ke lain hati, mereka tak mudah pindah kepada selain SBY," kata Saiful di kantor LSI, Jalan Lembang Terusan D57, Menteng, Jakarta Kamis 9 Juli 2009.

Dengan demikian, Saiful menyatakan, SBY telah terselamatkan oleh pemilih perempuan. "SBY terselamatkan karena proporsi pemilih perempuan lebih banyak yang telah memilihnya," ujar Saiful.

SBY-Boediono terlalu banyak dipilih oleh pemilih perempuan. Kata Saiful seharusnya yang proporsional adalah prosentase pemilih laki-laki dan perempuan itu sama-sama 61 persen. Tetapi ternyata yang perempuan 66 persen (over), sedangkan yang laki-laki hanya 55 persen (under).

Sementara Mega-Prabowo terlalu banyak dipilih laki-laki. Proporsionalnya adalah baik laki-laki maupun perempuan adalah 27 persen. Namun ternyata Mega-Prabowo dipilih oleh 31 persen laki-laki (over), sedangkan yang perempuan hanya 22 persen (under).

Hanya JK-Wiranto yang relatif proporsional dipilih baik laki-laki maupun perempuan. Proporsionalnya adalah 13 persen, JK-Wiranto dipilih oleh 13 persen laki-laki dan 12 persen perempuan.

arfi.bambani@vivanews.com

ยท Menurut penghitungan quick count  SBY-Boediono menang 60 persen. Benarkah?Dapatkan SMS data suara Pilpres 2009 dari tabulasi resmi KPU. Updated 2 kali per hari hingga pengumuman pada 27 Juli 2009. Ketik REG