Cara Buat Tagihan Rumah Sakit Lebih Murah

Ilustrasi dirawat di rumah sakit
Sumber :

VIVA.co.id – Sakit itu mahal. Apalagi, jika sakit tersebut memaksa Anda harus dirawat di rumah sakit. Siap-siap saja menjebol tabungan, bila Anda tidak dilindungi oleh asuransi kesehatan.

Namun, ada loh cara untuk menurunkan biaya, saat Anda terpaksa berbaring di rumah sakit. Reader digest mewawancarai sejumlah dokter dan ahli kesehatan di Amerika Serikat, untuk membuat daftar tips berikut ini:

Jangan malu bertanya

Marty Makary, seorang dokter bedah mengatakan, 1-30 persen tindakan yang dilakukan pada Anda di rumah sakit bukanlah keharusan. Untuk mencegah tindakan yang berlebihan dan hanya menghabiskan dana, tanya semua pemberian obat, pemeriksaan, atau tes yang dilakukan pada Anda. Cari tahu, apa dampaknya bagi kesehatan jika tindakan-tindakan tersebut tidak dilakukan.

Bawa obat sendiri

Cara ini bisa menekan biaya dan biasanya diperkenankan. Namun, pihak rumah sakit biasanya akan melakukan pengujian pada obat tersebut. Jika obat Anda diperoleh dari dokter yang bekerja di rumah sakit tempat Anda dirawat, kemungkinan untuk diperoblehkan sangat besar. Michele Curtis, seorang Ginekolog di AS menyarankan hal ini pada setiap pasiennya.

Baca juga: Jika Ditekuni Sejak Kecil, Hobi Mengoleksi Ini Bisa Bikin Kaya

Waspada kunjungan dokter

Seorang pasien bisa saja dikunjungi seorang dokter meskipun hal itu tidak dibutuhkan. Meski kesannya sangat profesional, kunjungan dokter justru bisa menambah beban pada tagihan Anda. Evan Levine seorang cardiologist menyarankan, agar pasien rawat inap selalu menanyakan urgensi setiap kunjungan. Pasien juga bisa menolak kunjungan, jika dokter yang bersangkutan dirasa tidak diperlukan.

Baca dua kali tagihan rumah sakit

Delapan dari 10 rumah sakit melakukan kesalahan dalam perhitungan biaya. Hal ini dikatakan Pat Palmer, CEO Medical Billing Advocates of America. Menurutnya, human error sering terjadi baik sengaja maupun tidak. Contohnya, Anda masih ingat jika terapi dilakukan pada hari Selasa dan Rabu, namun di tagihan terdapat biaya terapi tambahan untuk hari Kamis.

Tanyakan juga obat-obat yang diberikan pada Anda dan catat. Hal ini berguna jika Anda merasa tagihan untuk biaya obat terlalu mahal.

Minta rawat jalan

Jika Anda merasa kuat untuk pulang, jangan selalu menyetujui rawat inap. Maklum, biaya ruang perawatan tidak murah. Jika Anda bisa mendapatkan persetujuan dari dokter untuk dirawat jalan, Anda bisa menghindari biaya yang lebih mahal lagi.

Baca juga: Lima Aplikasi Android Terpopuler yang Bantu Pekerjaan Jadi Lebih Terorganisir

Tanyakan diskon

Jika Anda membayar tagihan secara mandiri, tidak ada salahnya untuk menanyakan diskon pada rumah sakit. Sebab, banyak rumah sakit yang memberikan diskon khusus bagi perusahaan asuransi. (asp)