Enam Selebriti Dunia yang Punya Utang Jutaan Dolar

Pamela Anderson
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Popularitas ternyata tak berbanding lurus dengan kekayaan. Hal ini gamblang, jika kita melihat kehidupan para pesohor kelas dunia. Meski kehidupan mereka terlihat gemerlapan, tidak sedikit dari selebriti dunia yang justru hidup terlilit utang. Jumlah utang mereka, bahkan bisa mencapai puluhan juta dolar.

Seperti yang dialami oleh rapper terkenal Kanye West, yang memiliki utang US$53 juta, atau setara Rp689 miliar. Mau tahu siapa saja deretan artis yang memiliki utang raksasa sekaligus alasan penyebabnya?
Berikut ini bocorannya seperti dikutip CekAja dari Time:

Chris Tucker

Bagi penggemar film Rush Hour, pasti kenal dengan aktor dan komedian satu ini. Nama Tucker nangkring di deretan artis tenar Hollywood, setelah membintangi Rush Hour 2. Sayangnya, kejayaan tersebut harus berhenti.

Kantor Pajak Amerika Serikat, melaporkan Tucker memiliki utang pajak hingga US$14 juta. Menurut juru bicaranya, utang disebabkan oleh manajemen bisnis dan akunting yang buruk. Saat ini, Tucker sudah membereskan semua masalah keuangannya tersebut, meski neraca keuangannya masih negatif hingga US$11,5 juta.

50 Cent

Nama Rapper, produser musik dan pengusaha ini meroket, setelah lagunya menjadi hit pada 2003. Pria yang pernah masuk penjara ini, kemudian memanfaatkan uang hasil penjualan albumnya untuk membeli saham Vitamin Water.

Singkat cerita, Vitamin Water diakuisisi oleh Coca Cola, dengan nilai transaksi hingga US$4,1 miliar dan 50 Cent pun kecipratan duit sebanyak US$100 juta hingga US$150 juta. Namun, kekayaannya tersebut tidak bertahan lama.

Pada Juli 2015, 50 Cent dinyatakan bangkrut dengan utang hingga US$32 juta. Seperti kebanyakan selebriti lainnya, penyebab utang 50 Cent adalah kebiasaan belanja gila-gilaan dan berutang pada bank. Kondisi keuangan "anak didik" Eminem ini makin buruk, setelah kalah dalam sengketa bisnis senilai US$17,2 juta dan tuntutan atas kasus video seks senilai US$5 juta.

Baca juga: Penyebab Bangkrutnya Lima Perusahaan Besar yang Bisa Kamu Pelajari Jika Ingin Berbisnis

Toni Braxton

Pernah digelari ratu R&B, tidak membuat penyanyi kelahiran AS ini punya keuangan yang baik. Meski berhasil mencetak rekor penjualan album sebanyak 40 juta kopi di seluruh dunia, dia justru mengalami kebangkrutan selama beberapa kali.

Pertama, terjadi pada 1998, dengan utang senilai US$5 juta. Meski keuangannya sempat pulih, Braxton kembali bangkrut pada 2010, dengan utang hingga US$50 juta.

Braxton mengalami kemunduran, karena kebiasaan belanjanya. Dia bisa mengeluarkan uang hingga US$2,5 juta hanya untuk belanja kosmetik dan pakaian selama dua tahun.

Pamela Anderson

Bintang film Baywatch juga satu dari sekian artis yang memiliki utang besar, lantaran pajak dan pembiayaan rumah. Mantan istri musisi rock ternama, Tomy Lee ini berkali-kali mengalami masalah keuangan.

Setelah utang pajak US$1,7 juta menghantam keuangannya pada 2009, dua tahun berikutnya kantor pajak kembali menagih sedikitnya US$370 ribu pada Pamela Anderson. Selain pajak, pembiayaan renovasi rumah dan kasus hukum adalah penyebab tingginya utang.

Mike Tyson

Mike Tyson pernah meraih mencatatkan rekor sebagai juara dunia tinju kelas berat termuda, dan merupakan salah satu petinju tersukses sepanjang masa. Dalam 20 tahun karirnya, Tyson berhasil mendapatkan US$400 juta.

Setelah dua dekade bergelimang harta dan ketenaran, Tyson akhirnya bangkrut pada 2003. Utang yang dimilikinya saat itu hampir mencapai US$40 juta.

Penghasilan Tyson yang besar lenyap, karena hobinya berbelanja barang mewah seperti mobil, perhiasan, rumah, bahkan hal-hal eksotis seperti Harimau Siberia. Hebatnya, meski sudah bangkrut dan pensiun dari tinju sejak 2005, Tyson masih memiliki uang sejumlah US$3 juta, yang digunakannya untuk membeli rumah mewah di Las Vegas seharga US$2,5 juta.

Baca juga: Pekerjaan di Amerika yang Paling Membuat Orang Tidak Betah

Nicolas Cage

Lantaran hobinya mengoleksi benda aneh seperti tengkorak Tyrannosaurus, tidak heran jika Nicolas Cage terbelit utang. Pada puncak kesuksesannya, penghasilan Cage bisa mencapai US$40 juta per tahun. Namun, uang sebanyak itu tetap tidak dapat menyelamatkan Cage dari kebangkrutan pada 2009.

Meski banyak orang menduga kebangkrutan Cage disebabkan oleh hobi uniknya, penyebab utama utang aktor Hollywood satu ini justru kerugian akibat investasi properti. Pada tahun 2008, di saat pasar properti hancur, Cage, bahkan memiliki utang pajak hingga US$13,3 juta. (asp)