Sukses Gelar Peragaan Busana Perdana, Tex Saverio Belum Puas

Tex Saverio
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Filzah Adini Lubis

VIVA.co.id – Desainer Indonesia kelas dunia, Tex Saverio sukses menggelar pergelaran busana perdananya semalam, Rabu, 25 Mei 2016.

Kiprahnya di dunia fesyen memang sudah tak diragukan lagi. Busana rancangannya telah dipakai oleh beberapa selebriti Hollywood seperti pemeran film The Hunger Games, Jennifer Lawrence dan pelantun lagu Poker Face, Lady Gaga.

Dalam pergelaran busana perdananya di Indonesia bertajuk "Absolutex" semalam, dia menampilkan 37 koleksi gaun yang terinspirasi dari Tut Wuri Handayani. Namun, dia tidak memberikan kategori khusus terhadap gaun-gaun karyanya tersebut. Ia lebih memilih persepsi publik dalam menentukan kategori.

"Show seperti ini adalah show konsep, enggak harus dibagi-bagi, apakah ini dikategorikan ini baju pengantin, ini baju itu. Saya enggak bekerja seperti itu. Apakah orang menilai ini gaun evening, apakah ini gaun wedding, ya itu persepsi masing-masing," katanya di Raffles Hotel, Jakarta.

Dalam show malam itu, Saverio juga melibatkan banyak peragawati dari berbagai negara, mulai dari Rusia, Ukraina, maupun Indonesia. Namun, para model hasil seleksi tersebut tidak begitu penting baginya, karena ia lebih fokus terhadap karya yang ia tampilkan.

"Waduh, saya enggak ngitungin. Buat saya enggak penting," katanya.

Pria yang juga akrab disapa Rio ini mengatakan, justru dukungan yang diterimanya merupakan modal besar bagi kesuksesan acaranya malam itu. Namun, ia belum merasa puas. Dia berharap bisa menyuguhkan keseluruhan yang lebih baik dalam kesempatan selanjutnya.

"Nah, kalau nanya puas apa enggak, masih banyak hal yang saya harap bisa lebih baik lagi. Cuma ya, pertama kalau enggak dimulai-mulai enggak jadi-jadi. Ini sudah dua tahun mundurnya,” ujarnya.

“Jadi, buat saya ada hal yang bisa lebih baik lagi. Ya, mudah-mudahan saya bisa persembahkan lagi di pergelaran berikutnya, kalau masih ada support juga dari media," katanya.

Pria yang dijuluki sebagai "Alexander McQueen of Indonesia" sebelumnya mengaku peragaan busana kali ini memamerkan adi busana couture. "Ini benar-benar pertama kali saya tampil solo. Terakhir itu 2013 saya tampil couture," kata Rio.

Dalam perhelatannya malam itu, Rio berusaha untuk memaksimalkan seluruh kemampuannya agar tidak mengecewakan para penggemar busana rancangannya. "Pasti orang penasaran seperti apa karya saya selanjutnya. Ada pressure juga dan semangat. Jadi, saya harus benar-benar tampil maksimal dan terbaik buat saya dan semua," kata dia.

Dalam konferensi pers, Rio sebelumnya tidak menyebutkan secara gamblang tema apa yang akan diangkat saat peragaan busananya. Ia hanya memberitahu bahwa setiap rancangan yang ditampilkan mengandung pesan-pesan yang selama ini sudah dipegang teguh oleh masyarakat Indonesia.

"Ada tiga sekuen, tiga tema yang berbeda dan tiap tema membawa pesan. Sebenarnya pesan ini saya rasa semua orang Indonesia tahu pesan itu dan sudah diajarkan dari kecil. Dari pesan itu bisa jadi penyemangat buat kita semua di industri kreatif," tuturnya.