Tip Simpel dan Hemat Agar Rumah Aman Saat Ditinggal Mudik

Ilustrasi rumah
Sumber :

VIVA.co.id – Anda dan keluarga berencana meninggalkan rumah untuk mudik pada libur Lebaran tahun ini? Jika iya, berarti, persiapan untuk meninggalkan rumah harus dilakukan sejak sekarang.

Maklum, pada saat libur nanti, rumah akan kosong ditinggal dalam waktu yang tidak sebentar. Nah, untuk memastikan agar rumah dan segala isinya tetap aman, berikut ini ada tip sederhana dan murah yang bisa Anda lakukan untuk memastikan rumah aman dari pencurian. Berikut ini penjelasan selengkapnya:

Gunakan kunci tambahan

Pastikan untuk mengunci pintu dan jendela saat Anda meninggalkan rumah. Selain itu, gunakan kunci tambahan seperti gembok untuk meningkatkan pengamanan.

Saat Lebaran, biasanya bukan hanya rumah Anda yang ditinggal mudik. Tidak mustahil bila orang-orang yang tinggal di kompleks rumah Anda juga pergi berlibur.

Dengan begitu, tingkat keamanan lingkungan jadi makin rendah dan seringkali dimanfaatkan pencuri. Namun, dengan menambah kunci tambahan, pencuri akan lebih sulit memasuki rumah Anda.

Baca juga: Jangan Abaikan 8 Kebiasaan Ini Kalau Mau Jadi Kaya

Gunakan lampu otomatis

Lampu rumah yang menyala bisa menakuti pencuri. Sebab, ketika lampu menyala pencuri akan mengira ada orang di rumah yang Anda tinggalkan. Tetapi, tagihan listrik bisa membengkak jika Anda meninggalkan lampu rumah menyala sepanjang liburan.

Nah, untuk menghemat biaya, sekaligus meningkatkan keamanan, gunakan lampu otomatis yang menyala pada saat gelap dan mati secara otomatis pada saat hari sudah terang.

Selanjutnya, gunakan alarm...

Gunakan alarm

Alat satu ini bisa diperoleh dari banyak toko peralatan rumah tangga. Dengan memasang alarm pada pintu dan jendela, pencuri akan panik dan meninggalkan rumah begitu alarm rumah berbunyi.

Gunakan alat ini sesaat sebelum Anda meninggalkan rumah. Sebaiknya, simpan pada lokasi-lokasi yang paling rawan di rumah Anda.

Baca juga: Cegah 7 Penyakit Ini Sekarang Sebelum Usiamu Setengah Abad

Jangan umumkan rencana mudik Anda

Untuk menghindari maling, sebaiknya rahasiakan kepergian Anda. Jangan buat pengumuman di media sosial, atau di depan rumah pada tukang koran, atau pengantar susu. Sebaiknya beri pemberitahuan secara personal pada orang yang ingin Anda beri tahu.

Beli asuransi properti

Sebelum pergi, sebaiknya lindungi rumah dan isinya dengan asuransi. Jika Anda memiliki alarm rumah, perusahaan properti akan memberikan diskon cukup besar.

Perlindungan satu ini sangat penting dan harus disiapkan jauh hari sebelum mudik. Dengan memiliki asuransi, Anda juga bisa meninggalkan rumah dalam keadaan tenang. (asp)