Ratusan Artis Populer Dunia Dukung Pengendalian Senjata Api

Musisi
Sumber :

VIVA.co.id – Setelah aksi brutal penembakan yang menewaskan 49 orang di sebuah pub di Orlando, Florida, sebanyak 200 artis dan musisi memberikan dukungan terhadap surat terbuka Billboard Magazine tentang pengendalian penggunaan senjata api.

Seperti dilansir Yibada, surat yang dipublikasi beberapa waktu lalu itu mendapat dukungan dari para artis berbagai generasi lewat pengumpulan tanda tangan. Mereka yang memberi tanda tangan antara lain Diplo, Calvin Harris, Nick Jonas, Selena Gomez, Barbara Streisand, Paul McCartney, Lady Gaga, Britney Spears, Jennifer Lopez, Alicia Keys, dan Manuel Miranda.

“Sebagai artis terkemuka dan eksekutif di  indsutri musik, kami memberi dukungan untuk perubahan di Amerika," kata surat yang akan menjadi sampul Billboard Magazine edisi 2 Juli 2016.  "Musik sudah menjadi sebuah perayaan baik di lantai dansa dan juga di ruang konser. Tapi ini adalah sebuah ritual hidup, seperti pergi ke sekolah, gereja, atau bekerja, yang sekarang terancam karena kejahatan bersenjata di negara ini.”

Pernyataan tersebut juga meminta kongres untuk mengungkap latar belakang penjualan senjata dan menghentikan terduga teroris untuk membeli senjata agar mencegah kekerasan di Amerika.

Kampanye ini telah disetujui oleh pihak editor majalah, dua hari setelah penembakan mengenaskan yang terjadi di Orlando. Belum lagi diikuti dengan penembakan artis Chrstina Grimmie, yang juga tewas ditembak saat sesi tanda tangan di sebuah konsernya di Orlando.

Di samping itu, teror masif yang menyerang Bataclan di Paris juga membuat dunia musik merasa bahwa industri yang mereka tekuni ini terancam. Hiburan musik pun kini menjadi sasaran empuk serangan dari para teroris, karena banyak orang berkumpul di acara tersebut.

“Tapi kami ingin mendedikasikan usaha dan tenaga kami untuk sesuatu yang lebih proaktif. Kami punya kemampuan untuk menyoroti kasus ini. Kami juga punya legitimasi di industri musik untuk membuat semua artis bersatu,” ujar Isabel Gonzalez-Whitaker, Wakil Redaksi Billboard.

Billboard juga bekerja sama dengan organisasi pencegahan kekerasan bersenjata bernama Everytown for Gun Safety untuk mengkampanyekan isu ini. Surat yang ditujukan kepada kongres juga telah dikirim. Fans di media sosial pun ikut mendukung kampanye tersebut.

(ren)