Mau Beli Mobil untuk Mudik? Begini Caranya

Showroom mobil bekas di AS yang memberi bonus senjata api tiap pembelian mobil.
Sumber :
  • Autoevolution

VIVA.co.id – Berencana membeli mobil bekas untuk mudik Lebaran? Anda harus benar-benar teliti memilihnya. Sebab, salah memilih mobil bukan cuma berisiko merugikan secara finansial melainkan membahayakan keselamatan.

Apalagi Anda berniat membawanya mudik ke kampung halaman yang memakan perjalanan cukup jauh. Oleh karena itu, bukan hanya harga yang harus dipertimbangkan saat membeli mobil bekas melainkan empat hal berikut ini:

1.Periksa panel dan kaca

Salah satu mobil bekas yang harus dihindari adalah mobil yang pernah mengalami kecelakaan berat seperti tabrakan. Untuk menghindari mobil seperti ini, coba lihat baik-baik jarak antara pintu dan panel bodi.

Pada mobil yang normal, jarak tersebut biasanya lurus bahkan cenderung lebar dari atas ke bawah. Sementara, mobil yang pernah mengalami kecelakaan berat, jarak tersebut tidak seimbang akibat pergantian panel atau pintu.

2.Periksa bemper

Coba periksa mobil yang mau Anda beli lebih detail. Bisa dimulai dari bemper depan belakang dan 8 di masing-masing roda. Dua komponen ini merupakan bagian mobil yang mudah pecah atau retak karena terbuat dari plastik keras atau campuran fiber dan plastik.

Kerusakan pada bemper dan spatbor bisa mengindikasikan mobil pernah mengalami tabrakan. Kondisi yang terlampau mulus pada bemper ini juga bisa sangat mencurigakan. Sebab, bagian paling luar dari mobil ini amat mudah rusak atau lecet.

3.Periksa suspensi

Mobil bekas biasanya punya kaki kaki yang usang. Salah satu bagian yang penting di bagian kaki kaki adalah suspensi. Fungsinya membuat kendaraan lebih nyaman dikendarai dan membuat mobil stabil saat melaju.

Bila suspensi sudah usang karena jangka waktu pemakaian yang lama, bisa dipastikan mobil tidak lagi stabil saat dikemudikan. Padahal, dalam perjalanan jarak jauh hal tersebut cukup membahayakan.

4.Periksa riwayat servis

Untuk mengetahui kondisi kendaraan, Anda juga bisa mengecek riwayat servis. Biasanya, pemilik mobil yang rajin menyervis kendaraan memiliki buku yang mencatat riwayat servis. Anda bisa lihat perbaikan-perbaikan apa saja yang pernah terjadi dan sesering apa kendaraan tersebut diservis. Semakin sering diservis artinya pemilik kendaraan semakin peduli dengan kondisi mobilnya.