Kejar Lima Juta Investor, OJK Terbitkan Reksadana Baru

Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK, Nurhaida.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Otoritas Jasa Keuangan terus berupaya mendukung peningkatan jumlah investor pasar modal. Rencananya OJK akan mengeluarkan produk baru di bidang reksadana. Langkah tersebut merupakan upaya dalam mencapai target investor hingga lima juta orang.

Dewan Komisioner OJK Pengawas Pasar Modal Nurhaida mengatakan, untuk menarik minat masyarakat agar mau berinvestasi, keragaman produk harus ditingkatkan.

"Sehingga kita perlu menghadirkan produk dan inovasi baru. Makanya kita juga untuk manajer investasi bisa mengeluarkan produk-produk baru dengan tipe yang baru juga," ujar Nurhaida saat ditemui di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Kamis, 19 Januari 2017.

Meskipun demikian, Nurhaida belum dapat menjelaskan secara rinci terkait produk baru tersebut. "Tapi kita sudah membahas reksadana, misalnya ada reksadana waktu tertentu. Ada batasan waktunya itu, dan ada beberapa yang sedang kita proses, tapi belum bisa kita share dulu," tuturnya.

Di samping itu, Nurhaida juga menambahkan, terkait upaya memperluas jaringan perdagangan produk investasi melalui mini market, sudah diperbolehkan. Hanya saja perlu peningkatan sosialisasi untuk mendukung kerja sama dengan gerai ritel tersebut.

"Karena mungkin kita kan pasar modal tadi persentasenya masih rendah, sehingga ada kenaikan secara persentase itu tinggi," ujarnya.