Stok Bensin Turun, Harga Minyak Mentah Dunia Naik

Rig Minyak.
Sumber :
  • CNBC

VIVA.co.id – Harga minyak dunia berbalik naik setelah laporan menunjukkan cadangan minyak mentah AS tidak sebanyak seperti yang ditakutkan. Stok bensin AS pun dilaporkan mengalami penurunan.

Dilansir CNBC, Kamis 9 Februari 2017, harga minyak mentah AS, West Texas Intermediate, diperdagangkan naik 17 sen di US$52,34 per barel. Harga minyak mentah Brent naik delapan sen di US$55,13 per barel. 

Sedangkan harga bensin di bursa berjangka melonjak 4,2 persen setelah Energy Information Administration menunjukkan penurunan cadangan pada minggu lalu, usai mengalami kenaikan lima minggu berturut-turut. Meski demikian, pasar masih tetap kelebihan pasokan bensin. 

Data produksi minyak AS menunjukkan rata-rata produksi yang tinggi dalam empat minggu terakhir. Analisis mengatakan, harga minyak bisa bergejolak, karena tingginya suplai minyak mentah AS bertolakbelakang dengan upaya OPEC dan negara-negara eksportir minyak lainnya untuk memangkas pasokan minyak dunia. 

Kenaikan produksi minyak AS saat ini belum membuat  khawatir OPEC untuk sementara waktu ini. Menteri Energi Qatar, Mohammed al-Sada, mengatakan permintaan dunia saat ini "sehat".  (mus)