Trump Akan Umumkan Kebijakan Fiskal, Wall Street Melonjak

Pialang saham di Bursa Wall Street.
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Bursa saham Amerika Serikat melonjak pada perdagangan Kamis 9 Februari 2017, setelah Presiden AS, Donald Trump, mengatakan akan memberikan pengumuman kebijakan fiskal terkait perpajakan beberapa minggu ke depan. Trump menyatakan akan memangkas pajak-pajak yang membebani bisnis Amerika. 

Dilansir CNBC, Jumat 10 Februari 2017, indeks Dow Jones melonjak sekitar 115 poin atau 0,59 persen. Saham Nike memimpin kenaikan, sedangkan saham Intel merosot. 

Indeks S&P 500 menanjak 0,6 persen, dan menyentuh level tertinggi baru sepanjang masa, dengan saham sektor finansial naik 1,4 persen. Indeks Nasdaq juga menyentuh level tertinggi baru sepanjang masa dengan naik 0,6 persen. 

"Menurunkan beban pajak secara keseluruhan pada bisnis Amerika adalah liga besar. Kami akan mengumumkan sesuatu, saya dapat katakan, selama dua atau tiga minggu ke depan akan menjadi fenomenal dalam hal pajak," kata Trump dalah pertemuan dengan para eksekutif maskapai penerbangan AS. 

Para investor saat ini lebih yakin bahwa beberapa paket perpajakan akan dilaksanakan. Investor menantikan kebijakan fiskal Trump yang dikampanyekan selama pemilu, seperti pemotongan pajak korporat, deregulasi, dan belanja pemerintah.  

Sejak Trump terpilih menjadi presiden AS sejak akhir tahun lalu, harga-harga saham di bursa saham AS terus menanjak naik.