Boediono akan Bertemu Bos The Fed

Sumber :

VIVAnews - Gubernur Bank Indonesia Boediono dijadwalkan akan bertemu pimpinan The Federal Reserve (The Fed) Ben Bernanke di Washington DC. Kedua pimpinan bank sentral ini akan membahas soal repo valuta asing dan hal lain yang terkait likuiditas.

Boediono akan bertolak ke Amerika Serikat, Kamis 13 November 2008 dalam rangka pertemuan negara-negara Group 20 (G20).

"Saya kira Pak Gubernur akan ketemu Pak Bernanke, yang jelas bukan ngobrol ha ha ha, untuk melihat kemungkinan yang terkait dengan repo valas dan sebagainya," kata Deputi Gubernur Bank Indonesia Muliaman Hadad di Jakarta, Rabu 12 November 2008.

Selain repo valuta asing, keduanya akan membahas masalah lain seperti swap, stand by loan dan sebagainya. Tidak hanya dengan bank sentral AS saja hal itu akan dijajaki. "Beberapa negara juga sudah dijajaki," kata Muliaman.

Pada 15 - 17 November ini, para pemimpin negara anggota forum G20 akan bertemu di Washington guna membahas penanganan krisis ekonomi. Selain pemimpin negara, pertemuan tersebut juga akan dihadiri oleh bank sentral dari tujuh negara industri dan 13 negara dengan pertumbuhan ekonomi pesat.

Negara G20 yang terdiri dari Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Turki, Inggris, Amerika Serikat dan Uni Eropa. 

Anggota G20 mewakili 85 persen kekuatan ekonomi dunia, 2/3 populasi global serta lebih dari 80 persen kepemilikan saham dari Bank Dunia dan IMF. Indonesia merupakan satu-satunya negara anggota G20 dari Asean.