Ramadan, BI Jateng Siapkan Uang Tunai Rp23,2 Triliun

Tempat penukaran uang.
Sumber :
  • Dwi Royanto/VIVA.co.id

VIVA – Bank Indonesia Kantor Perwakilan Jawa Tengah, menyiapkan uang tunai Rp23,2 triliun untuk penukaran uang menghadapi lebaran Idul Fitri 2018. Jumlah tersebut diklaim akan mencukupi kebutuhan masyarakat di 35 kabupaten kota.

Kepala BI Jawa Tengah, Hamid Ponco Wibowo mengatakan, jumlah uang tunai yang disipakan tahun ini naik dari Lebaran 2017, yakni Rp20,28 triliun. Untuk total uang tunai terbanyak yang disiapkan adalah pecahan Rp20 ribu, Rp10 ribu, dan Rp5 ribu. Untuk jumlah pecahan uang tunai di Kota Semarang mencapai Rp9,6 triliun.

"Uang ini (Rp23,2 triliun) bisa memenuhi kebutuhan masyarakat saat Lebaran nanti, " kata Hamid, saat pembukaan layanan penukaran uang tunai di GOR Trilomba Juang Semarang, Senin 21 Mei 2018. 

Ia menjelaskan, terhitung sejak hari ini, masyarakat Jateng dapat menukarkan uang tunai tersebut di gerai yang disiapkan atau perbankan yang ditunjuk. Total ada delapan bank yang ditunjuk untuk layanan penukaran uang. 

Untuk layanan mobile, delapan bank yang ditunjuk dibuka mulai hari ini hingga hingga Kamis 24 Mei 2018 mendatang. Sementara itu, layanan di kantor perbankan dilakukan tiap Selasa sampai Kamis hingga 7 Juni 2018. 

"Selain delapan bank hari ini, penukaran uang juga dilakukan 58 bank di Kota Semarang yang menyediakan modal untuk penukaran uang kecil," kata dia.

Ponco berharap, melalui layanan penukaran uang via pebankan, masyarakat akan lebih dimudahkan untuk menukarkan uang, tanpa harus langsung ke kantor BI. Selain itu, waktu yang diberikan juga cukup lama.