2 Maskapai Ini Mendarat Pertama Kali di Bandara Kertajati

Landasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kertajati, Majalengka
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi

VIVA – Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau AirNav Indonesia menyatakan, inaugural flight Bandara Kertajati akan dilakukan pada tanggal 24 Mei 2018. 

Manager Humas AirNav Indonesia Yohanes Sirait mengungkapkan, ada dua maskapai yang sudah mengajukan jadwal penerbangannya untuk inaugural flight atau historical flight

"Yakni Garuda Indonesia dan Batik Air dengan membawa penumpang VVIP dan VIP," ujar Yohanes dikutip dari keterangan resminya, Rabu, 23 Mei 2018. 

Lebih lanjut dia menegaskan, AirNav tidak pernah melakukan promosi ataupun menawarkan penerbangan kepada maskapai. Publikasi penerbangan yang dilakukan merupakan publikasi Aeronautical Information Publication (AIP) yang dilakukan oleh Kementerian Perhubungan kepada seluruh stakeholder penerbangan baik domestik maupun internasional pada 29 Maret 2018. 

Jadi menurutnya, bukan publikasi dalam konteks promosi seperti dalam pandangan umum. Publikasi ini bukan bersifat komersil, tetapi berisi informasi operasional penerbangan seperti lokasi bandara, fasilitas penerbangan, rute dan informasi lainnya. 

"Hal ini merupakan hal yang harus dilakukan saat membuka bandara baru dan sesuai dengan Annex 15 ICAO (International Civil Aviation Organization)," tambahnya. 

Terhitung 2 X 28 hari dari tanggal publikasi tersebut pada 29 Maret 2018, maka Bandara Kertajati efektif dapat beroperasi yakni tanggal 24 Mei 2018. Tanggal tersebut menyatakan bahwa efektif bandara tersebut dapat melayani penerbangan.

"AirNav Indonesia hanya bertugas melayani seluruh penerbangan yang sudah mendapatkan izin dari regulator sesuai dengan aturan yang berlaku," 

Pada tanggal 29-30 Maret 2018 AirNav sudah melakukan validasi prosedur penerbangan dengan menggunakan pesawat Beechcraft King Air B350-I registrasi PK-CAP dari Balai Besar Kalibrasi Fasilitas Penerbangan. Baik fasilitas, prosedur maupun personel saat ini sudah ditempatkan di Bandara Kertajati untuk melayani penerbangan dari dan ke Bandara Kertajati.

"Terkait layanan di Bandara Kertajati, AirNav Indonesia sudah siap melayani penerbangan di Bandara Kertajati," tutupnya.