Transaksi Festival 11.11 Alibaba 2018 Lampaui Capaian 2017

Global Shopping Festival 2018 Alibaba
Sumber :
  • VIVA/Lutfi Dwi Puji Astuti

VIVA – Festival belanja terbesar dunia yang digelar Alibaba,  Minggu 11 November (11.11) 2018 atau The Single Day menyedot perhatian konsumen Tiongkok. Festival ini pun diserbu banyak pembeli.

Setelah 15 jam dibuka, Gross Merchandise Volume (GMV) atau volume transaksi dari festival belanja ini berhasil melebihi GMV tahun 2017 yang sebesar 168,2 miliar renminbi atau US$24 miliar.  Adapun total transaksi 11.11 sejak dibuka pada Minggu pukul 00.00 waktu setempat setelah 15 jam sudah mencapai lebih dari 168,99 miliar renminbi.  

Rata-rata para konsumen Tiongkok sangat antusias membeli produk kecantikan. Bahkan hingga pukul 16.00 waktu Tiongkok, data yang dimiliki Alibaba tercatat ada 10 top produk impor yang banyak diburu konsumen Tiongkok.  Dan hingga pukul 21.00 waktu Tiongkok, total transaksi menembus 196 miliar renminbi atau US$28 miliar. Angka transaksi ini akan bergerak terus hingga ditutup pada pukul 24.00 waktu setempat.

Produk-produk itu, antara lain suplemen kesehatan (peringkat 1), milk powder (2), masker wajah (3), popok bayi (4), serum (5), produk makanan bayi (6), emulsion (7), sabun cuci muka (8), make-up remover (9), toner (10). Sementara untuk 10 top produk ekspor Tiongkok yang banyak diburu,  antara lain dari peringkat 1-10 adalah baju, celana, mantel berbahan wol, jaket hoodie, sweater rajutan dari wol, sweater, kaos, low top shoes, down jackets, dan serum.  

Tak hanya secara online,  di Tiongkok,  Alibaba juga menawarkan pengalaman Global Shopping Festival secara offline melalui konsep new retail. Dengan konsep tersebut, konsumen bisa datang ke toko,  mencari info produk lewat scan barcode, menggunakan teknologi augmented reality, membayar dengan Alipay dan menunggu barang diantar ke rumah.  

Menariknya lagi,  ekosistem Alibaba seperti Lazada juga ikut berpartisipasi di 11.11 Global Shopping Festival di enam negara termasuk Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Vietnam.  Untuk Indonesia, ini merupakan tahun pertama Lazada menggelar festival 11.11.