Alibaba Catat Transaksi Festival Belanja Sehari Rp450,7 Triliun

Nilai transaksi penjualan di Global Shopping Festival 2018 Alibaba
Sumber :
  • VIVA/Lutfi Dwi Puji Astuti

VIVA – Festival belanja terbesar di dunia, 11.11 Global Shopping Festival atau Single’s Day yang diselenggarakan perusahaan e-commerce raksasa Tiongkok, Alibaba akhirnya ditutup tepat pukul 24.00 waktu setempat dengan pencapaian total transaksi Gross Merchandise Volume (GMV) mencapai 213,55 miliar renminbi atau sekitar Rp450,7 triliun.  

Festival ini setiap tahunnya selalu mengalami peningkatan transaksi penjualan. Tahun 2017 lalu, total transaksi GMV sebesar 168,2 miliar renminbi atau Rp342,8 triliun. Semua transaksi dilakukan melalui Alipay sepanjang 11 November (11.11) 2018.

Lewat festival ini, bisnis dari seluruh ekosistem Alibaba dilibatkan. Sebanyak 180 ribu merek dari Tiongkok dan seluruh dunia berpartisipasi dalam festival belanja terbesar dunia tahun ini.  

Festival ini pun dimulai di tahun 2009 dengan total penjualan 52 juta renminbi atau US$7,8 juta. Festival ini pun telah berevolusi dari sekadar pesta belanja 24 jam menjadi pesta belanja global dan festival hiburan selama 24 hari.

Tahun ini terjadi peningkatan transaksi penjualan mencapai 31 persen jika dibanding tahun sebelumnya. CEO Alibaba Group, Danield Chang mengatakan bahwa transaksi tersebut, di antaranya disumbang oleh produk kosmetik dan gaya hidup.

"Ini sesuatu yang baru di 2018. Produk kosmetik dan lifestyle sangat populer," kata dia di Mercedes-Benz Arena, Shanghai, China, Minggu, 11 November 2018.

Peningkatan transaksi ini tak cuma karena penjualan secara online, tapi juga offline melalui konsep new retail. Dengan konsep tersebut, konsumen bisa datang ke toko, mencari info produk lewat scan barcode, menggunakan teknologi augmented reality, membayar dengan Alipay dan menunggu barang diantar ke rumah.  

Selain itu, ekosistem Alibaba seperti Lazada juga ikut berkontribusi pada 11.11 Global Shopping Festival di enam negara termasuk Indonesia, Singapura, Thailand, Malaysia, Vietnam. Untuk Indonesia, ini merupakan tahun pertama Lazada menggelar festival 11.11.