Ganti Pejabat Minerba, Jonan Minta Satu Minggu Izin Freeport Selesai

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Zabur Karuru

VIVA – Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan telah resmi merombak 50 pejabat di lingkungan Kementerian ESDM hari ini. Diantaranya tiga pejabat eselon II di Direktorat Jenderal Mineral dan Batu Bara. 

Jonan pun berpesan kepada pejabat baru untuk segera menyelesaikan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) PT Freeport Indonesia dalam waktu satu dua minggu. Khususnya ini ditugaskan kepada Direktur Pembinaan Pengusahaan Mineral, Yunus Saefulhak.

"Pak Yunus harus menyelesaikan segera mungkin IUPK nya Freeport, dalam satu dua minggu ini ya pak," kata Jonan di ruang Sarulla Kementerian ESDM Jakarta, Rabu 21 November 2018. 

Mantan Menteri Perhubungan itu pun meminta seluruh pegawai untuk tidak banyak berdiskusi agar pekerjaan cepat selesai. Ia menilai jika banyak diskusi dan tanpa ada tindakan maka pekerjaan tidak akan selesai selesai. 

"Jadi, jangan banyak diskusi, berbuat dulu baru diskusi. Kayak menikah itu, berbuat dulu baru diskusi. Kalau diskusi dulu itu enggak jadi jadi," katanya.  

Ditemui di tempat yang sama, Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Bambang Gatot Ariyono mengatakan, IUPK baru Freeport akan dikeluarkan ketika seluruh komponen negosiasinya selesai. 

"Nanti kita lihat, semuanya selesai, lingkungan, divestasi selesai semua baru IUPK keluar," ujar Bambang singkat.