Tips Agar Bisa Menikmati Pensiun Sebelum Usia 30 Tahun

Salah satunya, sambut pagi hari dengan senyuman.
Sumber :
  • Pixabay/FirmBee

VIVA – Setiap orang tentu menginginkan kemandirian finansial secepat mungkin. Semakin cepat seseorang memperoleh kedewasaan keuangannya, berarti semakin besar pula perjuangan yang telah dilakukannya.

Hal ini karena semakin tajam zaman, maka semakin sulit juga persaingan untuk mendapatkan pekerjaan agar dapat memenuhi kebutuhan finansial setiap orang. Dengan begitu, Anda juga harus mengupayakannya dengan maksimal agar bisa menikmati enaknya pensiun dari perusahaan bekerja saat ini sebelum usia 30 tahun.

Pensiun dini dari perusahaan menunjukkan bahwa Anda telah mencapai target keuangan yang cukup sehingga Anda tidak perlu lagi bekerja. Lalu, bagaimana caranya? Tidak sulit, berikut cara agar bisa menikmati pensiun sebelum memasuki usia 30 tahun seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Perbanyak saldo tabungan Anda

Salah satu langkah yang dapat Anda peroleh agar bisa pensiun dini sebelum usia 30 tahun adalah dengan meningkatkan jumlah saldo di rekening tabungan Anda. Semakin banyak saldo yang Anda punya, maka semakin besar pula kemungkinan Anda bisa pensiun di usia tersebut.

Untuk mencapai hal tersebut, tentu harus melakukan berbagai macam cara. Salah satu caranya adalah dengan membatasi diri untuk membeli hal-hal yang tidak Anda butuhkan. 

Mulai sekarang belajarlah untuk memenuhi kebutuhan, bukan sekadar keinginan. Keinginan pada dasarnya berasal dari nafsu yang sifatnya sementara.

Dengan begitu, setiap kali Anda memenuhi keinginan Anda, berarti Anda telah menyia-nyiakan sesuatu yang sifatnya hanya Anda butuhkan sementara. Di zaman yang semakin kompetitif ini sudah seharusnya Anda belajar membenahi diriperihal mengatur keuangan Anda. 

2. Memiliki pekerjaan sampingan

Tidak ada salahnya memiliki pekerjaan sampingan meski Anda kini sudah bekerja di salah satu perusahaan bonafit. Akan tetapi, jangan lupa menentukan fokus mana yang Anda ambil, apakah perusahaan atau pekerjaan sampingan tersebut.

Sejatinya pekerjaan sampingan memang penting namun tidak lebih penting dari pekerjaan utama. Dengan begitu, jangan sampai lengah.

Belajarlah untuk menyeimbangkan porsi keduanya agar Anda tidak kehilangan salah satu atau bahkan kedua pekerjaan tersebut. Ingat! Mencari pekerjaan itu tak mudah. Jadi Anda harus menghargai pencapaian Anda saat ini. 

Banyak jenis pekerjaan sampingan yang bisa Anda pilih. Pada umumnya, orang-orang memilih untuk melakukan hobi mereka sebagai pekerjaan sampingan. Misalnya, Anda suka menulis, cobalah untuk mencari situs-situs yang menerima jasa penulis lepas.

Zaman sekarang sangat banyak dicari seseorang yang mampu menuangkan ide dan gagasannya dalam bentuk tulisan. Oleh karena itu cobalah dan kumpulkan pundi-pundi uang darinya.

Saat menjadikan hobi sebagai pekerjaan tentu Anda tidak akan merasa kelelahan karena sejatinya hobi adalah sesuatu yang sangat senang Anda lakukan.

3. Mulailah membuka diri untuk berinvestasi

Menabung memang termasuk salah satu cara yang membuat Anda bisa pensiun dini sebelum usia 30 tahun. Akan tetapi, menabung tidak bisa membuat Anda kaya karena bunga yang ditawarkan untuk setiap saldo Anda tentu tidak begitu besar.

Sehingga Anda perlu menabung lebih lama lagi untuk mendapatkan bunga yang lebih besar. Akan tetapi, jika beinvestasi, Anda dapat melipatgandakan uang lebih cepat daripada dengan cara menabung. Pilihlah layanan investasi yang tidak meminta pajak untuk setiap uang yang Anda investasikan.

Jenis layanan investasi ini umumnya dinamakan sebagai investasi pensiun. Dengan berinvestasi, uang akan bekerja untuk Anda karena uang akan berputar nilainya di setiap waktu dan Anda bisa fokus dengan pekerjn Anda. 

4. Minimkan pajak investasi

Anda juga harus memerhatikan sudah berapa rupiah pajak yang harus ditanggung akibat investasi yang Anda lakukan pada sebuah penyedia jasa investasi. Inilah yang menjadi alasan mengapa Anda harus benar-benar memilih jasa tempat berinvestasi.

Hal ini dimaksudkan agar keuntungan Anda bisa maksimal dan potongan akibat pajak bisa seminim mungkin agar saldo Anda jumlahnya meningkat.

Matang secara finansial sebelum 30 Tahun tidaklah sulit

Dalam kehidupan sehari-hari sering ditemukan banyak orang yang mampu namun tidak memiliki tekat yang kuat. Inilah yang membuat mereka memilih untuk menyerah dalam perjuangan yang sebenarnya hampir mencapai garis finish. 

Pahamilah bahwa dalam melakukan segala sesuatu, Anda harus terus mau melakukan segala hal yang positif agar tujuan Anda bisa tercapai.