Cara PT Len Industri Pastikan Rekrut SDM Berkualitas

PT Len Industri.
Sumber :
  • Dok. PT Len Industri

VIVA – Kualitas sumber daya manusia menjadi pertimbangan utama saat ini, di era revolusi Industri 4.0. Berbagai cara pun dilakukan perusahaan untuk dapat merekut SDM berkualitas tinggi, salah satunya dengan mengandeng universitas. 

PT Len Industri misalnya. Badan Usaha Milik Negara tersebut menggandeng lima universitas untuk memastikan mendapatkan pekerja dengan lulusan yang baik untuk menggenjot bisnisnya. 

Perjanjian kerja sama pun telah ditandatangani dengan Institut Teknologi Bandung, Sekolah Tinggi Teknologi Bandung, Politeknik Negeri Jakarta (PNJ), STEI SEBI dan Universitas BSI Bandung pada awal pekan ini. 

Direktur Carreer Develepoment Center (CDC) Polieteknik Negeri Jakarta, Sidik Wacono mengungkapkan, selain untuk mendapatkan kesempatan kerja, kerja sama ini dimaksudkan, agar mahasiswa yang telah menjalani magang tersebut, mendapat sertifikasi keahlian di bidang yang digeluti selama proses magang di PT Len. 

“Kerja sama ini akan meningkatkan kemampuan kedua belah pihak, utamanya untuk mahasiswa lulusan Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) dan efesiensi PT LEN dalam meningkatkan kinerja mereka,” ucap Sidik. 

Dengan adanya kerja sama itu, menurutnya, lulusan PNJ di bidang elektronika akan memiliki kemampuan mumpuni dalam industri elektronika, maupun manajemennya. Lanjutnya, mahasiswa akan memiliki pengalaman bekerja dalam industri yang sesuai jurusannya, serta mampu melihat proses industrialisasi lebih dekat. 

Bagi PNJ, kata Sidik, program magang bersertifikat ini dapat bermanfaat bagi mahasiswa untuk dapat mempraktikkan secara langsung ilmu dan ketrampilan yang didapat di kampus dalam dunia industri. 

Selain itu, juga menjadi bahan evaluasi kurikulum apakah selama ini kurikulum dan mata kuliah yg diberikan di kampus relevan atau tidak dengan kebutuhan dunia industri. Kedepannya, kerjas ama ini akan ditingkatkan dalam bentuk yang lebih kompleks, yaitu kerja sama riset terapan. 

Sementara itu, Direktur PT Len, Priadi Ekatama Sahari mengaku optimistis pihaknya akan mendapat tenaga kerja siap kerja dari universitas salah satunya PNJ. Sebab, kebutuhan tenaga ahli baru dibutuhkan perusahaan setiap tahunnya.

Selain itu, kata Priadi, sebagai salah satu perusahaan BUMN, pihaknya juga akan lebih mudah mendapatkan masukan-masukan dari kalangan akademisi. 

"Guna meningkatkan kinerja, keahlian serta inovasi di lingkungan PT Len," tambahnya. (asp)