PHE siapkan US44 Juta Cari Potensi Ekplorasi Migas Tahun ini

Ilustrasi Anjungan Pertamina Hulu Energi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Zabur Karuru

VIVA – PT Pertamina Hulu Energi akan menggencarkan upaya eksplorasi di tahun 2019 ini, dengan dua target wilayah eksplorasi yakni di dalam kawasan wilayah kerja atau WK, Jambi Merang, dan di luar wilayah tersebut.

Direktur Utama PT Pertamina Hulu Energi Meidawati menjelaskan, sebagai langkah awal di 2019 ini, pihaknya akan melakukan survei seismik dengan anggaran sekitar US$5 juta untuk di dalam WK Jambi Merang.

"Kalau yang komitmen kerja pasti (KKP) itu eksplorasi yang di luar (WK Jambi Merang), dengan anggaran total US$239 juta untuk lima tahun," kata Meidawati di wilayah Musi Banyuasin, Sumatera Selatan, Sabtu 9 Februari 2019.

"Untuk tahun 2019 ini kita lakukan survei seismik di luar area WK Jambi Merang dengan anggaran US$39 juta," ujarnya menambahkan.

Mengenai wilayah mana saja yang akan dilakukan survei seismik guna menemukan dan mengeksplorasi sumber gas baru, Deputi Perencanaan SKK Migas, Jaffee Suardin mengaku, saat ini Tim SKK Migas sedang berkoordinasi dengan Tim Pertamina guna menentukan hal tersebut.

Nantinya survei seismik dan penentuan target eksplorasi itu akan disusun oleh kedua tim, guna menentukan wilayah dengan potensi-potensi eksplorasi terbaik yang akan diputuskan untuk dieksplorasi.

"Jadi Tim SKK Migas sedang menyusun Top 20 area eksplorasi di Indonesia dan yang lainnya masih kita diskusikan dimana sebaiknya itu dilakukan. Itu untuk eksplorasi yang di luar WK Jambi Merang," ujarnya.