Menteri Agraria Sebut Pembagian Sertifikat Tanah Buat Bantu Rakyat

Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Djalil
Sumber :
  • ANTARA FOTO/ICom/AM IMF-WBG/Zabur Karuru

VIVA – Menteri Agraria dan Tata Ruang, Sofyan Abdul Djalil menyebutkan, program pembagian sertifikat tanah dengan proses kepengurusan yang gratis diklaim mampu membebaskan masyarakat dari jeratan rentenir.

"Kita harus berterima kasih dengan program yang dilakukan Pak Presiden (Joko Widodo) ini, karena dengan program pembagian sertifikat ini sangat membantu warga untuk tidak melakukan pinjaman ke rentenir, di mana bunganya sangat tinggi dan mencekik," katanya di Pusat Pemerintahan Kabupaten Tangerang dalam agenda pembagian sertifikat untuk rakyat, Senin, 18 Februari 2019.

Menurutnya, program tersebut telah berhasil membantu masyarakat dalam memperbaiki perekonomian. Untuk total sertifikat yang telah dibagikan  sepanjang tahun 2018 yakni, 9 juta sertifikat. Sedangkan, untuk tahun 2019 akan diselesaikan pada 20 desa seluruh Indonesia.

"Target penyelesaian program ini di tahun 2023 di mana, seluruh penduduk Indonesia sudah punya sertifikat dan tingkat kesejahteraan juga naik, karena dengan ini mereka bisa menggadaikan di bank daerah untuk bantuan modal yang bahkan, bunganya tidak besar," ujarnya.

Sementara, salah seorang penerima sertifikat, Maulani yang berasal dari Jayanti mengaku, senang dengan adanya program pembagian sertifikat.

"Tentunya, senang kepada pemerintah yang karena saya sudah mendapatkan sertifikat secara gratis. Tanah yang saya punya ini ada 300 meter, rencananya sertifikat ini langsung saya proses ke bank buat pinjaman modal usaha," ungkapnya.

Nantinya, Presiden Joko Widodo pun, akan membagikan langsung sertifikat tersebut dengan total sebanyak 5.000 sertifikat bagi warga Tangerang. (lis)