Diresmikan Jokowi, Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar Gratis Sebulan

Jokowi resmikan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar
Sumber :
  • VIVA/Fikri Halim

VIVA – Jalan tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pagi ini masih dibuka secara gratis. Rencananya penggratisan tol di Trans Sumatera ini berlaku selama dua minggu hingga satu bulan. 

Hal itu diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat atau PUPR, Basuki Hadimuljono, Jumat, 8 Maret 2019.

"Dua minggu atau sebulan mungkin (penggratisan). Mudah-mudahan bisa (sebulan) supaya orang menikmati dulu," kata Basuki di Lampung. 

Basuki mengatakan, ada penghematan waktu perjalanan dengan terbangunnya tol ini. Saat ini, imbuh Basuki, perjalanan dari Bakauheni hingga Terbanggi Besar kurang lebih 1 jam perjalanan tergantung kecepatan. 

"Nanti bayangkan ini kalau sampai Palembang 340 km," katanya. 

Basuki melanjutkan, dalam aturannya, tarif jalan tol ditetapkan sebesar Rp1.000 per km. Namun hingga saat ini, belum ditentukan besaran tarif tol Bakauheni-Terbanggi Besar dengan panjang 140 km tersebut. 

"Kalau nanti ini Rp1.000/km kalau 140 km berarti 140 ribu. mahal atau murah? Itu pasti relatif. Nah sekarang tinggal marketing-nya," kata Basuki. 

Namun demikian, Basuki mengatakan bahwa belum tentu tarif tersebut diputuskan sebesar Rp140 ribu. Bisa jadi diterapkan setengah harga dan dilakukan kenaikan secara bertahap. 

"Kalau kita langsung Rp140 ribu yang masuk mobil cuma 10 misalnya. Tapi kalau dia menjadi Rp70 ribu yang masuk 20 mau yang mana yang dipilih, itu kan marketing nanti Hutama Karya (menetapkan tarif) karena investasinya," katanya. 

Ditegaskan Basuki, jalan tol ini harus bisa dinikmati dulu oleh rakyat secara gratis. "Karena orang ingin menikmati dulu, kalau sudah nikmat dia mungkin naik pun tidak akan terasa. Itu salah satu strategi," ucapnya.